Buya Yahya Ingatkan Bahaya Ghibah: Dosa Besar!

Buya Yahya
Sumber :
  • Tangkap layar

VIVA BandungGhibah atau menggunjing adalah istilah dalam agama Islam yang merujuk pada mengumpat, mencela, atau membicarakan buruk orang lain di belakangnya tanpa alasan yang benar.

Bukan Penistaan Agama, Ini Alasan TikToker Galih Loss Buat Konten Soal Taawudz

Buya Yahya mengingatkan bahwa ghibah dianggap sebagai perbuatan yang sangat tercela dalam Islam.

“Menggunjing adalah saat dimana anda menyebut sesuatu apa yang terjadi pada seseorang yang jika ia mendengar maka ia tidak akan senang,” kata Buya Yahya, sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Al-Bahjah TV pada Minggu (21/5/2023).

Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Penistaan Agama Terkuak, Begini Kata Polisi

“Ini dosa besar, jika yang digunjing zina maka dosa yang ditanggung ya sebesar itu,  menggunjing itu penyakit buruk” tambah Buya Yahya.

Ghibah adalah perbuatan yang sangat berbahaya dan tidak mendapatkan pahala. Oleh karenanya meski sulit maka sebaiknya setiap muslim selalu berusaha untuk tidak membicarakan kejelekan siapapun.

Ditangkap Polisi, Ini Ucapan TikToker Galih Loss yang Diduga Nistakan Agama Islam

“Jika anda punya iman, anda punya hati, saat mendengar berita tetangga yang berzina maka anda akan menangis. Anda tak sempat menceritakan. Mungkin Anda malah mengatakan kepada Allah ya Allah tetangga saya berzina maafkan dan tutupi aibnya, itu Anda istimewa,” tandas Buya Yahya.

Namun Buya Yahya menyayangkan sifat dasar manusia yang bahkan terkadang setelah shalat ia lantas membicarakan aib saudaranya.