Pecinta Cabai Harus Baca Ini, 4 Manfaat Mengkonsumsi Cabai

Cabai
Sumber :
  • Intipseleb

BandungCabai telah digunakan secara turun temurun sebagai bumbu masakan di berbagai negara untuk menambah rasa pedas. Apalagi di Indonesia sendiri, banyak sekali makanan yang menggunakan cabai sebagai bahannya.

Dilansir dari Intipseleb, buat kamu pecinta pedas, ada kabar gembira. Ternyata cabai punya banyak manfaat lho.

1. Membantu Kurangi Lemak

Kapsaisin dalam cabai dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh. Hal ini dapat membantu dalam penurunan berat badan dan pemeliharaan berat badan yang sehat.

Menurut dokter Sungadi Santoso, cabai meningkatkan Lipid Catabolism. Kandungan tersebut mampu berfungsi mengurangi lemak dalam tubuh.

"Cabai dapat membantu meningkatkan Lipid Catabolism di mana Lipid Catabolism akan mengurangi lemak dalam tubuh anda,” ungkap dokter Sungadi Santoso, dilansir dari Intipseleb, pada 17 September 2023.

2. Buat Bahagia

Wacana TikTok Shop Ditutup di Indonesia, Inara Rusli Beberkan Keluh Kesah.

Kapsaisin dalam cabai dapat merangsang pelepasan endorfin, yang dikenal sebagai hormon "bahagia." Ini dapat membantu mengatasi stres dan meningkatkan suasana hati.

3. Melancarkan Pencernaan

Cabai dapat merangsang produksi asam lambung dan enzim pencernaan. Enzim tersebut dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit.

4. Meredakan Nyeri

Kapsaisin yang terkandung dalam cabai juga ditemukan dalam krim topikal yang digunakan untuk meredakan nyeri, seperti nyeri otot dan sendi. Menurut dokter Sungadi Santoso, bahkan krim yang mengandung Kapsaisin dapat membantu mengurangi rasa nyeri pasca operasi.

“Kapsaisin mempunyai efek anti nyeri dengan cara mengoleskan krim yang mengandung kapsaisin pada tubuh yang mengalami nyeri, misalnya nyeri otot pada bahu, otot, leher, dan juga pinggang, dan juga dapat membantu mengurangi nyeri pasca-operasi,” jelas dokter Sungadi Santoso.


5 Tips Jitu Memilih Menu Sahur untuk Menjaga Stamina Seharian