Jangan Salah Faham, Ini Pengertian Khilafah Dalam Islam

Ilustrasi Keagamaan
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG - Indonesia merupakan negara dengan sistem demokrasi berasaskan Pancasila. Pasalnya kini paham demokrasi jadi dasar utama landasan bernegara, beberapa diantaranya banyak juga yang terpapar radikalisme dengan paham khilafah.

Selain Syafiq Basalamah, Berikut Deretan Penceramah yang Pernah Ditolak GP Ansor

Lantas, sebenarnya apa arti dari faham khilafah? Berikut ini ulasannya untuk anda. Melansir wikipedia pada Selasa, 28 Juni 2022, khilafah didefinisikan sebagai sebuah sistem kepemimpinan umum bagi seluruh kaum Muslim di dunia untuk menerapkan hukum-hukum Islam dan mengemban dakwah Islam ke seluruh penjuru dunia.

Orang yang memimpinnya disebut Khalifah, dapat juga disebut Imam atau Amirul Mukminin. Misalnya ketika Khalifahnya adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq beliau dikenal dengan sebutan Khalifatu Ar-Rasulillah sebagai pengganti Nabi Muhammad. Ketika Khalifah Umar bin Khattab beliau disebut Amirul Mukminin (pemimpinnya orang beriman), dan ketika Khalifah Ali bin Abi Thalib beliau disebut Imam Ali.

Kiai Said Aqil Siradj Sarankan Hal Ini Ke Pemerintah RI Soal Kontroversi Al Zaytun

Kisah inspiratif islam, Umar bin Khattab ditakuti Setan

Photo :
  • istimewa

Definisi khilafah

Kiai Said Aqil Siradj Khawatir Santri Ponpes Al Zaytun Jadi Ekstrimis yang Tolak NKRI

Khilafah berasal dari kata (kha-la-fa), berarti menggantikan. Definisi Khilafah sendiri merupakan preposisi dari kata Khalifah. Kata Khalifah diambil berdasarkan Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 30.

Halaman Selanjutnya
img_title