Mitos atau Fakta, Seblak Penyebab Penyakit Endometriosis? Dokter Ungkap Jawabannya

ilustrasi bahan dan cara membuat seblak
Sumber :
  • istimewa

VIVA Bandung Endometriosis merupakan kondisi yang terkait dengan hormon estrogen, yang diproduksi secara alami oleh tubuh pada masa subur. Gejala dan rasa nyeri yang terkait dengan endometriosis cenderung berkurang ketika kadar estrogen rendah.

Zara Putri Ridwan Kamil Unggah Pose Perdana Tanpa Hijab, Singgung Soal Norma Kesopanan

Ketika membahas tentang endometriosis, hingga saat ini penyebab pastinya masih belum diketahui. Namun, terdapat beberapa kondisi yang diduga menjadi faktor risiko untuk terjadinya endometriosis. 

Foto Seblak Makanan Khas Bandung

Photo :
  • VIVA Group
Sering Minum Obat Pereda Nyeri Saat Haid? Dokter Ungkap Dampak Buruknya

Beberapa faktor risiko tersebut termasuk retrograde menstruasi, yaitu kondisi di mana darah menstruasi tidak mengalir keluar melalui vagina, tetapi masuk ke dalam rongga panggul. 

Selain itu, gangguan sistem imun dan siklus menstruasi pendek, seperti siklus kurang dari 27 hari, serta mengalami menstruasi pertama pada usia yang sangat muda, di bawah 12 tahun.

Bella Damaika Haid, Pilot Elmer Syaherman Maksa Minta Lakukan Ini

Namun, belakangan ini banyak pasien yang didiagnosis dengan endometriosis mengklaim bahwa mereka menderita penyakit ini akibat mengonsumsi makanan tertentu. 

Sebagai contoh, makanan tinggi natrium seperti seblak. Namun, apakah benar makanan ini dapat menjadi penyebab endometriosis?

Halaman Selanjutnya
img_title