Hati-hati! 2 Organ Vital Ini Bisa Rusak Parah Akibat Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah/hipertensi
Sumber :
  • Times of India

Bandung, VIVA Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi medis yang sangat berbahaya. Penyakit ini sering disebut sebagai "pembunuh senyap" karena banyak penderita yang tidak merasakan gejala apa pun. 

Jantung Berdebar Setelah Ngopi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Padahal, hipertensi dapat merusak organ-organ vital seperti jantung, otak, dan ginjal secara perlahan.

”Hipertensi dapat menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran tanpa adanya keluhan sebelumnya. Hipertensi disebut sebagai silent killer sehingga pasien atau siapapun yang mengalami hipertensi bisa tiba-tiba pingsan dan kemungkinan itu suatu stroke. Disebut sillent killer karena tidak merasakan apapun saat tekanan darah tinggi. Pada sangat tinggi menyebabkan stroke,” kata Spesialis Penyakit Dalam Konseling Ginjal dan Hipertensi, dr. Dina Nilasari, Ph.D, Sp.PD,KGH dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Rabu 22 Mei 2024.

Percuma Minum Air Putih 8 Gelas Sehari Kalau Belum Tahu Hal ini, Bisa Merusak Ginjal

Ilustrasi serangan jantung

Photo :
  • Pixabay

Menurut dr. Dina Nilasari, Spesialis Penyakit Dalam, hipertensi bisa menyebabkan komplikasi serius, bahkan kematian.

Ternyata Segini Dosis Bawang Putih yang Ampuh Turunkan Tekanan Darah

“Risikonya bisa komplikasi. Kalau di mata jadinya penglihatan pasien menurun. Atau akan terlihat adanya bercak kemerahan, perdarahan di area mata,” kata dia. 

Salah satu komplikasi yang paling ditakutkan adalah stroke. Stroke terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus, sehingga sel-sel otak mati. 

Halaman Selanjutnya
img_title