Anemia Sering Dianggap Remeh, Ibu Hamil Wajib Waspada! Ini Risikonya

Ibu Hamil
Sumber :
  • Pixabay

Bandung, VIVA Data dari Riskesdas 2018 menunjukkan bahwa remaja perempuan di Indonesia menghadapi masalah anemia, dengan 26 persen dari mereka terkena kondisi ini. 

Simak Rahasia Kepribadian Perempuan yang Lebih Suka Tampil Polos

Tingkat anemia yang demikian ini menjadi perhatian serius, karena jika tidak ada tindakan pencegahan yang dilakukan, risiko yang fatal bisa terjadi saat proses melahirkan.

“Riskesdas 2018 mengatakan bahwa masalah-masalah kondisi kesehatan perempuan. Kita tau remaja putri anemia 26 persen. Ketika tidak dilakukan antisipasi atau tata laksana yang baik begitu juga terhadap calon pengantin ini juga akan mengalami anemia. Parahnya jika tidak dilakukan intervensi atau antisipasi, 48 persen ibu hamil akhirnya meninggal,” kata Ketua Umum Ikatan Bidan Indonesia, Dr. Ade Jubaedah, S.SiT, MM dalam acara Bidan sebagai Garda Terdepan Pencegahan Anemia dan Perdarahan Pasca Persalinan di Kawasan Jakarta Pusat, Selasa 13 Agustus 2024. 

Huawei Buka Jalan bagi Talenta Muda Perempuan di Dunia Teknologi

Ibu Hamil

Photo :
  • Pixabay

Lebih lanjut, Ade Jubaedah menjelaskan bahwa kolaborasi antara Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan BKKBN bertujuan untuk mempersiapkan reproduksi seorang perempuan sejak masa remaja dengan menciptakan remaja yang sehat dan bebas dari anemia serta masalah kesehatan fisik dan mental.

Ibu Hamil Wajib Tahu! Anemia Bisa Ancam Nyawa Janin, Begini Cara Mencegahnya

“Tentu kita tau penyebab kematian ibu, penyebab kematian bayi terjadi perdarahan pasca salin itu salah satu penyebabnya adalah perempuan alami anemia. Dengan adanya anemia, akan menghasilkan proses buah melahirkan bayi di bawah berat lahir, prematur bahkan terjadi gangguan pertumbuhan. Gimana mempersiapkan reproduksi perempuan mulai dari masa remaja, remaja yang sehat dan bebas anemia. Remaja yang bebas penyakit fisik dan remaja bebas dari psikologis, ini perlu adanya kolaborasi,” sambungnya.

Ikatan Bidan Indonesia kini telah menjalin kerja sama dengan BKKBN untuk melaksanakan program tim pendamping keluarga guna mempersiapkan calon ibu. 

Halaman Selanjutnya
img_title