Gejala dan Penyebab Osteoporosis, Berikut Cara Mengatasinya

Ilustrasi pasien osteoporosis
Sumber :
  • Eat This

BANDUNG – Osteoporosis adalah kondisi dimana pembentukan tulang baru lebih sedikit dibandingkan dengan kerusakan tulang-tulang pada tubuh. Selain itu, osteoporosis merupakan, penyakit yang tidak terdeteksi apabila seseorang baru terkena. Tetapi, jika sudah menimbulkan gejala pada tulang, baru lah penyakit ini dapat diketahui.

Presiden Jokowi Tanda Tangani Aturan Baru Soal BPJS, Begini Isinya

Spesialis Ortopedi dan Traumatologi (OT) dari Universitas Indonesia, dr. Harry Jonathan Sianipar, Sp. OT menyampaikan, osteoporosis merupakan suatu penyakit sistemik pada tulang yang menyebabkan pengeroposan pada bagian tulang tertentu di tubuh.

Gejala Awal Osteoporosis

Terungkap! Motif Epy Kusnandar Terjerumus Penyalahgunaan Narkoba

Harry menjelaskan, gejala awal yang umum dirasakan pasien osteoporosis adalah, rasa pegal-pegal atau tidak nyaman pada area yang terkena osteoporosis. Namun, semakin lama rasa pegal akan beruba menjadi nyeri dan sakit.

"Pada saat terjadi sakit dan nyeri, kadang-kadang sudah kita temukan ada suatu patah dan retak pada daerah tersebut," Ucap Harry seperti dilihat dari laman YouTube VDVC health Senin, 29 Agustus 2022.

Berikut Durasi Tidur yang Ideal, Pentingnya Tidur yang Cukup untuk Mental Sehat

Bagian Tubuh Rawan Terkena Osteoporosis

Bagian yang paling rawan dan paling sering menjadi masalah orang-orang yang sudah lanjut usia, menurut Harry adalah daerah tulang belakang, daerah panggul dan daerah pergelangan tangan.

Halaman Selanjutnya
img_title