Kenali Penyakit Radang Tenggorokan, Berikut Cara Pengobatannya

Ilustrasi radang tenggorokan
Sumber :
  • Freepik

BANDUNG – Penyakit radang tenggorokan merupakan infeksi tenggorokan dan amandel yang disebabkan oleh bakteri yang disebut streptokokus grup A , juga dikenal sebagai Streptococcus pyogenes . Bakteri ini hidup di hidung dan tenggorokan. Anda bisa mendapatkan infeksi dari seseorang yang sakit dengan bakteri strep A atau pembawanya.

Tips Mudah Merawat Baju Shimmer Supaya Makin Awet, Lebaran Makin PD

dr.Hamida Hayati Faisal, Sp.THT-KL menambahkan, jika penyakit radang tenggorokan itu sebenarnya adalah sebuah proses inflamasi yang terjadi di daerah tenggorokan. 

"Tenggorokan itu adalah dinding paling belakang dari mulut kita yang sebenarnya bagian atas itu sudah dimulai dari sisi belakang hidung sampai ke bagian atas dari trakea dan esofagus atau saluran nafas atau saluran cerna yang lebih bawah," kata dr.Hamida Hayati Faisal, SP.THT-KL.

Tren Baju Shimmer Lebaran 2024, Ini Tips Mudah Merawat Supaya Tidak Sobek

"Jadi kalau misalnya terjadi proses radang pada tenggorokan itu tentunya akan memberikan keluhan yang melibatkan struktur di sekitarnya, salah satunya juga yang sering terlibat dalam penyakit ini adalah amandel," tambahnya.

Radang tenggorokan ini sendiri rupanya dapat menyerang anak-anak dan orang dewasa dari berbagai usia. Tapi ini sangat umum terjadi pada anak-anak antara usia 5 dan 15 tahun. Bersin, batuk , berbagi peralatan makan, dan jenis kontak dekat lainnya dengan seseorang dengan infeksi radang tenggorokan dapat menyebarkan radang dari satu orang ke orang lain.

Cara Dapat Saldo DANA Gratis Jutaan Ribu, Tanpa Syarat Apapun!

Gejala Radang Tenggorokan

Melansir dari laman healthline.com, tingkat keparahan radang tenggorokan dapat bervariasi dari orang ke orang. Mereka biasanya berkembang dalam waktu 5 hari setelah terpapar bakteri strep.

Beberapa orang mengalami gejala ringan, seperti sakit tenggorokan. Orang lain memiliki gejala yang lebih parah, termasuk demam dan kesulitan menelan.

Gejala umum radang tenggorokan meliputi:

  • demam mendadak, terutama jika suhunya 101?F (38?C) atau lebih tinggi
  • sakit, tenggorokan merah dengan bercak putih
  • sakit kepala
  • panas dingin
  • kehilangan nafsu makan
  • pembengkakan kelenjar getah
  • bening di leher
  • kesulitan menelan
Halaman Selanjutnya
img_title