Benarkah Kurang Tidur Bisa Bikin Egois?

Ilustrasi kurang tidur
Sumber :
  • Livestrong

BANDUNG – Bukan sebuah rahasia lagi jika kurang tidur dapat membuatmu cenderung lebih galak. Tak hanya galak, rupanya baru-baru ini sebuah penelitian menunjukkan bahwa istirahat malam yang buruk juga dapat menimbulkan sikap egois. 

Resep Minuman Sehat dr. Zaidul Akbar untuk Buka Puasa: Atasi Pusing dan Detoksifikasi Tubuh

Dilansir dari Huffpost, penelitian ini dilakukan oleh para ahli dari University of California, Berkeley. Mereka menemukan korelasi antara kurang tidur dan keegoisan yang terdiri dari tiga data penelitian.

Hasilnya, semua penelitian menemukan bahwa orang lebih egois setelah kurang tidur atau tidurnya terganggu. 

Buya Yahya Beri Penjelasan Soal Kematian Stevie Agnecya yang Diduga Disantet

Studi pertama memantau otak dari 24 orang pasca malam tidur nyenyak dan kurang tidur. Peserta diminta untuk mengisi kuesioner perilaku yang mengharuskan mereka mencatat apa yang akan dilakukan dalam situasi sulit.

Seperti jika melihat hewan terluka di pinggir jalan, menawarkan tempat duduk kepada orang lebih tua di kendaraan umum, atau bus yang penuh sesak.

Benarkah Tidur saat Puasa Bisa Mendapat Pahala? Simak Penjelasan Ulama

Para peneliti mengambil hasil pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging) otak partisipan saat mereka menyelesaikan tugas kognisi sosial. Dalam hasil MRI, bagian otak yang berhubungan dengan empati menjadi kurang aktif usai semalaman tidak tidur.

Selain itu, peserta secara keseluruhan menampilkan penurunan yang signifikan keinginan untuk membantu orang lain dalam kondisi kurang tidur.

Halaman Selanjutnya
img_title