Waspada, Vape Bisa Sebabkan Kanker dan Penyakit Jantung

Ilustrasi rokok elektrik atau vape
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Meski tidak memiliki kandungan nikotin sebanyak rokok konvensional, vape atau rokok elektrik tetap dapat menyebabkan masalah pada kesehatan hingga potensi kanker paru hingga penyakit jantung.

Berikut Durasi Tidur yang Ideal, Pentingnya Tidur yang Cukup untuk Mental Sehat

"Pada vape terdapat kandungan karsinogen dan nikotin yang berpotensi menyebabkan iritasi tenggorokan dan gangguan saluran pernapasan," kata Medical Underwriter Sequis, dr Debora Aloina Ita Tarigan melalui siaran pers, dikutip dari Antara, Kamis 15 September 2022.

Debora menjelaskan, asap vape tidak hanya berbahaya bagi penggunanya tapi juga bagi sekelilingnya terutama anak karena daya tahan tubuh mereka masih belum sekuat orang dewasa. Selain itu, lanjut dia, asap vape juga dapat menempel pada permukaan benda dan berpotensi masuk ke dalam tubuh.

Makan Sedikit Tapi Cepat Kenyang? Awas, Ini Tanda Bahaya Kesehatan yang Tak Boleh Diabaikan

Menurut Debora, asap atau uap dengan nikotin yang terkandung dalam vape dapat menyebabkan adiksi jangka panjang karena paparan asap rokok konvensional maupun vape, termasuk juga polutan, bahan kimia, atau radiasi dapat menyebabkan radang dan iritasi pada paru.

Peradangan dapat berlangsung singkat hingga kronis. Kemudian, apabila terjadi iritasi berkepanjangan maka berpotensi merusak organ pernapasan dan memicu penyakit kronis, seperti kanker paru kronis dan penyakit jantung.

Ada Bahaya Tersembunyi di Balik Kebiasaan Minum Saat Makan, Ini Penjelasan dr Zaidul Akbar

"“Gejala kanker paru biasanya tidak dapat dideteksi cepat dan awam, dibutuhkan serangkaian pemeriksaan fisik maupun laboratorium, seperti pemeriksaan dahak, X-Ray, CT scan paru, biopsi paru dan bronkoskopi untuk menegakkan diagnosis kanker paru," ujar Debora.

Untuk itu dia menyarankan kepada masyarakat untuk rajin menerapkan hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga rutin serta diimbangi istirahat yang cukup.

Halaman Selanjutnya
img_title