Jangan Diabaikan! Ini Tanda Kanker Usus Sudah Menyebar ke Tulang

Ilustrasi sakit perut
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Kanker usus dilaporkan sebagai penyakit kanker ketiga yang paling banyak didiagnosis di dunia. Lebih dari 1,9 juta kasus baru kanker usus telah dilaporkan pada tahun 2020. 

Tips Mudah Merawat Baju Shimmer Supaya Makin Awet, Lebaran Makin PD

Sama seperti jenis kanker lainnya, kanker usus terjadi ketika sel-sel yang melapisi usus besar, atau usus besar ke rektum, tumbuh secara tidak normal dan tidak terkendali. Saat kanker pertama terdeteksi, terkadang disebut sebagai kanker usus besar atau dubur.

Dilansir Times of India, Jumat 16 September 2022, kanker usus dapat mengancam jiwa jika tidak terdeteksi dan diobati sejak dini dan tepat waktu. Ada kemungkinan, itu dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh termasuk hati, paru-paru, otak, peritoneum (lapisan rongga perut), atau kelenjar getah bening. Jika sudah menyebar ke bagian lain dari tubuh, penyakit ini disebut dengan kanker usus lanjut. 

Tren Baju Shimmer Lebaran 2024, Ini Tips Mudah Merawat Supaya Tidak Sobek

Lalu, apa yang terjadi jika menyebar ke tulang?

Meski jarang, kanker usus juga bisa menyebar ke tulang. Ini dikenal sebagai metastasis tulang. Itu terjadi ketika sel kanker melepaskan diri dari tumor asli dan menyebar ke tulang, di mana mereka mulai berkembang biak. 

Cara Dapat Saldo DANA Gratis Jutaan Ribu, Tanpa Syarat Apapun!

Menurut Cancer Research UK, kanker yang menyebar ke tulang menyebabkan hiperkalsemia, yang berarti ada terlalu banyak kalsium dalam darah. Para ahli percaya, ini adalah komplikasi kanker yang paling umum yang dapat mengancam jiwa pada orang dewasa dan dikatakan berkembang pada 0-20 persen orang dewasa dengan kanker. 

Tanda Gejala yang Perlu Diperhatikan

Halaman Selanjutnya
img_title