3 Olahraga yang Bagus Buat Cegah Serangan Jantung hingga Stroke

ilustrasi olahraga.
Sumber :
  • pixabay

BANDUNG – Aktif secara fisik adalah langkah besar menuju kesehatan jantung yang baik. Ini juga menjadi salah satu alat yang paling efektif untuk memperkuat otot jantung, menjaga berat badan ideal dan menangkal kolesterol tinggi hingga stroke.

Kolesterol Tinggi? Ini 9 Kebiasaan Pagi yang Bisa Membantu Menurunkannya dalam Sebulan

Olahraga dapat membuat pembuluh darah lebih terjaga sehingga mencegah bahaya kolesterol jahat, lonjakan gula darah hingga tekanan darah tinggi. Ketiga faktor itu secara tidak langsung mengakibatkan pada dampak jangka panjang seperti serangan jantung hingga stroke yang mematikan.

"Latihan aerobik dan latihan ketahanan adalah yang paling penting untuk kesehatan jantung. Meskipun fleksibilitas tidak berkontribusi langsung pada kesehatan jantung, namun tetap penting karena memberikan dasar yang baik untuk melakukan latihan aerobik dan kekuatan secara lebih efektif," kata ahli fisiologi olahraga Johns Hopkins Kerry J. Stewart, Ed.D.

Presiden Jokowi Tanda Tangani Aturan Baru Soal BPJS, Begini Isinya

Berikut olahraga yang direkomendasikan pakar untuk mencegah masalah jantung, dikutip dari laman Hopskin Medicine, Kamis 22 September 2022.

Latihan Aerobik

Terungkap! Motif Epy Kusnandar Terjerumus Penyalahgunaan Narkoba

Latihan aerobik meningkatkan sirkulasi, yang menghasilkan penurunan tekanan darah dan detak jantung. Selain itu, ini meningkatkan kebugaran aerobik tubuh secara keseluruhan, seperti yang diukur dengan tes treadmill, misalnya, dan ini membantu curah jantung dalam memompa ke seluruh tubuh.

Latihan aerobik juga mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan, jika Anda sudah hidup dengan diabetes, membantu mengontrol glukosa darah Anda. Idealnya, setidaknya 30 menit sehari dan lima hari seminggu. Contoh aerobik berupa jalan cepat, lari, berenang, bersepeda, bermain tenis, dan lompat tali.

Halaman Selanjutnya
img_title