Pakar Ungkap Umur Piramida Mesir

Piramida Mesir
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Mesir identik dengan bangunan piramidanya, bangunan berbentuk segitiga dan terbuat dari susunan batu itu merupakan peninggalan dari peradaban Mesir kuno.

Bukan Karena Bisnis, Ini Alasan Oki Setiana Dewi dan Keluarga Minggat ke Mesir

Pertanyaannya, sudah berapa kah umur dari piramida tersebut, Aidan Donson, profesor ahli kajian Mesir di Universitas Bristol Inggris mengatakan, hal itu bergantung pada pemaknaan kata Mesir kuno.

"Jika Anda mengartikannya sebagai peradaban yang menggabungkan kerajaan firaun, bahasa yang ditulis dalam hieroglif, dan agama yang akhirnya digantikan oleh agama Kristen, itu dimulai sekitar 3100 SM, dan berakhir sekitar 400 M," kata Dodson mengutip dari situs Livescience, Jumat, 7 Oktober 2022.

Putuskan Pindah ke Mesir, Oki Setiana Dewi: Sudah Direncanakan Bertahun-tahun

Hal senada juga dilontarkan oleh Kathryn Bard, profesor emeritus Arkeologi dan studi klasil di Boston University yang mengacu pada tahun 3.000 sebelum masehi.

Pertanian di Mesir dimulai sekitar 5000 SM, Sally Katary, yang merupakan profesor Egyptology di Laurentian University di Ontario, menulis dalam sebuah artikel di The Encyclopedia of Ancient History.

Sempat Bicara Soal Karir dan Bisnis di Indonesia, Oki Setiana Dewi Putuskan Pindah ke Mesir

Adapun, pada 4100 SM, desa pertanian permanen sepanjang tahun telah didirikan di beberapa bagian Mesir, tulis Katary.

Steven Snape, seorang profesor kehormatan arkeologi Mesir di Universitas Liverpool di Inggris, menulis dalam bukunya The Complete Cities of Ancient Egypt bahwa, beberapa pemukiman sepanjang tahun akhirnya tumbuh menjadi kota.  Naqada dan Hierakonpolis menjadi pusat kota penting antara 3500 SM dan 3000 SM.

Halaman Selanjutnya
img_title