Begini Cara Mencegah Diabetes Sejak Dini

Ilustrasi diabetes
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Cara mencegah diabetes dapat dilakukan sejak dini di usia muda. Secara umum, diabetes dibedakan menjadi dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, sehingga glukosa atau gula yang dikonsumsi tidak dapat diolah.

Kolesterol Tinggi? Ini 9 Kebiasaan Pagi yang Bisa Membantu Menurunkannya dalam Sebulan

Sementara, diabetes tipe 2 adalah kondisi saat tubuh tidak dapat menggunakan insulin sebagaimana mestinya. Di luar itu, diabetes juga dapat terjadi di masa kehamilan atau diabetes gestasional.

Menjalani pola makan sehat adalah salah satu kunci utama untuk terhindar dari diabetes. Anda disarankan untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman tinggi gula, kalori, dan lemak, misalnya makanan olahan, kue, es krim, dan makanan cepat saji.

Presiden Jokowi Tanda Tangani Aturan Baru Soal BPJS, Begini Isinya

Batasi asupan gula hanya sebesar 50 gram (4 sendok makan) setiap harinya. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi sayuran, buah, kacang, dan biji-bijian yang mengandung banyak serat dan karbohidrat kompleks.

Jika Anda suka ngemil, sebaiknya pilih camilan sehat, seperti susu, yoghurt rendah lemak dan gula, serta kacang-kacangan yang direbus tanpa garam. Selain itu, hindari minuman bersoda atau jus buah kemasan yang memiliki kadar gula tinggi dan perbanyak minum air putih.

Terungkap! Motif Epy Kusnandar Terjerumus Penyalahgunaan Narkoba

Diabetes juga sering dikaitkan dengan berbagai macam masalah kesehatan serius, seperti kebutaan, gagal ginjal sampai serangan jantung. Maka dari itu, tindakan pencegahan sebaiknya segera dilakukan sejak usia muda. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, berolahraga, serta menghindari kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan.

Berikut cara mencegah diabetes yang dirangkum dari berbagai sumber:

Halaman Selanjutnya
img_title