Hati-hati! Ini Bahaya Merokok di Dalam Mobil

Ilustrasi rokok
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Merokok merupakan aktivitas yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain yang berada di sekitar menjadi perokok pasif. Hal itu dikarenakan, rokok mengandung nikotin dan berbagai zat lain yang dapat memperburuk kesehatan paru.

Cair Hari Sekarang, Ini Cara Dapat Saldo DANA Gratis Rp300 Ribu

Namun, di Indonesia sendiri, merokok sepertinya sudah menjadi hal yang biasa bagi sebagian orang, sebab dengan tidak merokok orang bakal beranggapan seperti ada yang kurang dalam hidup mereka. Bahkan saat berkendara di jalan, banyak pengguna jalan yang merokok di dalam mobil.

Lantas bagaimana pandangan ahli soal merokok di dalam mobil?

Korlantas Polri Catat 1.581 Kasus Kecelakaan Terjadi di Momen Mudik Lebaran Tahun Ini

Spesialis paru, Rumah Sakit Omni Pekayon, Dr. Budhi Imansyah mengatakan bahwa merokok di dalam mobil merupakan kebiasaan yang sangat buruk. Hal ini dikarenakan asap yang keluar tidak sepenuhnya hilang, melainkan tetap tertinggal di dalam mobil.

"Asap yang dihasilkan walaupun terlihat keluar lewat jendela sebetulnya asap itu masih berada di mobil, sehingga penumpang yang ada di dalam mobil tersebut menjadi perokok pasif," ujar Dokter Budhi, dikutip dari YouTube Kata Dokter, Jumat 21 Oktober 2022.

Tips Mudah Merawat Baju Shimmer Supaya Makin Awet, Lebaran Makin PD

Selain itu, lanjut dia, asap yang dihasilkan dari aktivitas merokok terus menerus di dalam mobil juga akan menempel di jok dan bagian-bagian lain yang ada di sekitarnya. Sehingga penumpang mobil tersebut dapat disebut sebagai perokok pasif.

"Efeknya sebagai perokok pasif, diantaranya risiko untuk terkenanya kanker paru-paru, kemudian bisa terserang asma, kemudian, bronkitis, sering batuk-batuk," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title