Lukisan Cimon dan Pero, Kisah Anak yang Menyusui Bapaknya

Lukisan Cimon dan Pero
Sumber :
  • The Metropolitan Museum

BANDUNG – Sebuah mahakarya lukisan, biasanya memiliki latarbelakang sesuai dengan perasaan sang pelukis atau menceritakan kembali kisah yang mungkin sulit untuk dijelaskan secara tersurat. 

Ditangkap Polisi Buntut Penistaan Agama Islam, TikToker Galih Loss: Saya Minta Maaf

Ada sebuah lukisan yang memiliki gambar tak biasa, namun memiliki latarbelakang menyentuh. Salah satunya, lukisan bernama Cimon dan Pero. Nama "asli" lukisan tersebut adalah Roman Charity dan banyak ada beberapa versi lukisannya. Ada yang dilukis oleh Hendrick ter Brugghen pada tahun 1623, Peter Paul Rubens pada tahun 1612, dan banyak lainnya.

Jika dilihat, lukisan itu memberi kesan adegan dewasa, dimana seorang wanita sedang memberi payudaranya kepada seorang pria. Namun siapa sangka, lukisan tersebut ternyata memiliki kisah yang mengharukan.

Nikahi Polisi Bandung, Anak Camat di Purwakarta Kaget Diberi Mahar Emas Palsu

Menurut situs The Metropolitan Museum of Art, kisah itu dicatat oleh sejarawan Romawi bernama Valerius Maximus. 

Lukisan tersebut mengisahkan seorang pria bernama Cimon yang divonis hukuman mati dengan dibuat kelaparan. Sang putri bernama Pero, putus asa ingin menyelamatkan ayahnya. 

Dapat Kiriman Makanan Pro Israel, Zara Anak Ridwan Kamil Bangga

Menurut cerita, Pero memohon kepada pemerintah memperbolehkan dirinya mengunjungi ayahnya sampai ayahnya nanti wafat. Mereka pun memperbolehkan permintaan Pero namun dengan aturan dia tidak boleh membawa apapun yang bisa dimakan atau dikonsumsi bersamanya. Sehingga, ketika ia menjenguk sang ayah di penjara, ia selalu dicek oleh para petugas penjara. 

Namun, karena tak mau sang ayah mati, Pero pun dengan akalnya bisa memberikan “makanan” kepada Cimon. Hal yang tidak diketahui para penjaga adalah Pero "memperpanjang" usia ayahnya dengan memberi Cimon makan melalui asinya.

Halaman Selanjutnya
img_title