Cicipi Yuk Lezatnya Sate Kelinci di Kawasan Kuliner Merbabu

Sate kelinci
Sumber :
  • VIVA/ Teguh Joko Sutrisno

BANDUNG – Sate menjadi hidangan khas di Indonesia. Jika sudah terbiasa menikmati sate kambing atau ayam, sate kelinci bisa dicoba. Jika ingin menyantap sate kelinci tanpa rasa khawatir tertipu, Kopeng salah satu tempatnya. Daerah berhawa dingin di kawasan lereng Gunung Merbabu ini sangat dikenal dengan kuliner daging kelinci.

Mengenal Xinjiang, Destinasi Wisata Muslim di Dataran China

Jangan khawatir tertipu, karena daging kelincinya benar-benar asli, tidak dicampur dengan daging ayam. Jaminan itu bisa dilihat di sejumlah warung sate kelinci, pedagangnya memotong kelinci dan memasang karkasnya di depan warung. Pemilik warung pun langsung memotong daging kelinci menjadi ukuran kecil-kecil dan dibuat sate dengan bambu. Seluruh proses tersebut bisa langsung dilihat di lokasi. Dengan catatan, kalau tega. Maklum saja, kelinci merupakan hewan yang manis dan lucu.

Pedagang sate kelinci yang cukup banyak ada di sentra oleh-oleh buah dan sayur Kopeng. Akses paling mudah kalau dari Semarang dan Solo Jawa Tengah, yaitu lewat Kota Salatiga. Lalu menuju ke arah timur sejauh 15 kilometer menuju kawasan wisata Kopeng yang masuk wilayah Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang.

Hits! Kue Cromboloni Ala Anak Millenial, Tapi Tak Baik Buat Kesehatan Tubuh

Warung sate kelinci kebanyakan sederhana dengan angkringan pikul berwarna biru. Ada juga yang pakai gerobak dorong. Nggak sulit menemukan warung sate kelinci karena tulisannya sangat jelas.

Ciri khas daging sate kelinci bisa dilihat dari warnanya. Lebih merah dibanding daging ayam. Dan yang paling meyakinkan kalau warungnya ada karkas kelinci yang dipajang dan diracik langsung di depan warung.

Mie Instan Dikonsumsi Berlebihan, Nggak Bahaya Tah?

Menurut Pak Kalimin, salah satu pedagang sate kelinci di Kopeng, pasokan kelinci sangat mudah. Karena ada peternak yang membudidayakannya di sekitar Kopeng dan Ngablak Magelang yang berbatasan. 

"Jadi yang dipakai itu kelinci jenis Rex dan Zew Zealand. Ukurannya cukup besar dengan bulu tebal. Harganya per ekor saat ini Rp150ribu. Bisa dibuat menjadi 10 porsi sate," kata Pak Kalimin saat ditemui VIVA, Minggu 18 Desember 2022.

Halaman Selanjutnya
img_title