Deklarasi Anies Capres Belum Berdampak Positif Bagi Nasdem

Surya Paloh mengusung Anies Baswedan jadi capres 2024
Sumber :
  • VIVA / Yeni Lestari

Bandung – Sampai saat ini, langkah Partai NasDem yang telah mendeklarasikan Anies Baswedan untuk diusung sebagai Capres di Pemilu 2024, belum membuahkan dampak positif terhadap elektabilitas Partai. Hal tersebut terungkap dalam hasil survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk.

Nasdem Tegas Akan Hormati Putusan MK Terkait Sengketa Pilpres 2024 Apapun Hasilnya

Dalam survei bertajuk 'Deklarasi Capres dan Elektabilitas Partai' yang dilakukan SMRC, elektabilitas NasDem masih belum menunjukkan dampak signifikan dari deklarasi Anies sebagai Capres. Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, menunjukkan bahwa Nasdem hanya memeroleh dukungan 4,8 persen pada survei terbaru SMRC ini.

Elektabilitas yang dimiliki NasDem pada survei terbaru ini, jauh lebih rendah dibandingkan perolehan suara NasDem pada Pemilu 2019 lalu. Pada saat itu, NasDem memiliki elektabilitas sebesar 9,1 persen.

Gerindra Pastikan Prabowo Akan Rangkul Lawan Politik, Sinyal PDIP Gabung Koalisi?

"Belum ada tanda-tanda NasDem menjadi lebih kuat dibandingkan tahun 2019 jika dibandingkan dengan saat ini. Setidaknya sampai saat ini. Apakah itu akan bisa berubah, tentu saja bisa kalau misalnya dalam waktu ke depan sentimen positif pemilih terhadap Nasdem ternyata ada kenaikan, bukan tidak mungkin (berubah)," kata Deni, dalam keterangan persnya hari ini.

Ketua Umum Nasdem Surya Paloh deklarasi Anies Capres

Photo :
  • Twitter @NasDem
Cara Terbaru Klaim Saldo DANA Gratis Rp700.000, Langsung Masuk Rekening!

Partai lain yang juga telah mengusung tokoh untuk dijadikan Cappres yaitu Partai Gerindra yang mengusung ketua umumnya Prabowo Subianto. Sampai dengan saat ini, Gerindra belum mengalami kenaikan elektabilitas yang signifikan jika dibandingkan pada pemilu 2019 lalu.

"Hal yang sama terjadi pada Gerindra yang melemah dari 12,6 persen pada Pemilu 2019 menjadi 9 persen pada November 2022," ujar Deni.

Halaman Selanjutnya
img_title