Keributan di Keraton Surakarta: Cucu Raja Digebuki hingga Ditodong Pistol

Keraton Surakarta
Sumber :
  • Fajar Sodiq/ VIVAnews

BANDUNG – Konflik internal Keraton Kasunanan Surakarta yang terjadi beberapa hari terakhir ini kian memanas. Konflik tersebut diduga berujung terjadinya keributan yang terjadi di keraton yang terjadi pada Jumat malam, 23 Desember 2022.

Pasca Putusan MK, Gibran Ucapkan Terimkasih ke Anies dan Ganjar Soal Ini

Salah satu petinggi Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta, KP Eddy Wirabhumi menceritakan bahwa kericuhan berawal ketika sebanyak puluhan orang itu memaksa masuk ke dalam keraton melalui Kori Kamandanungan dan mengunci pintu tersebut.

Adanya insiden tersebut menyebabkan beberapa orang mengalami luka.

Respon Menohok Arab Saudi Soal Perang Iran Vs Israel

"Kemarin itu tiba-tiba, mereka sekitar 50-60 orang itu memaksa menutup (pintu) lagi. Mas Yudis itu cucunya raja digebukin, Gusti Devi digebukin, terus si Suryo Mulyo ditodong pistol. Suryo Mulyo ini cucunya Sinuhun (Paku Buwono XIII Hangabehi) yo do nesu (ya jadi pada marah)," kata dia kepada VIVA, Sabtu, 24 Desember 2022.

Ia pun menyanyangkan terjadinya kericuhan tersebut. Hanya saja ketika disinggung mengenai gerombolan yang memaksa masuk dan mengunci pintu masuk keraton tersebut, Eddy enggan menyebutkannya. 

Balik ke Indonesia, Hubungan Lolly dan Nikita Mirzani Makin Tegang

Seperti diketahui konflik tersebut diduga melibatkan kubu Lembaga Dewan Adat dengan kubu Sinuhun Paku Buwono XIII Hangabehi.

"Saya nggah usah ngomong pihak mana lah, pokoknya gitu aja dah," kata Eddy Wirabhumi yang juga merupakan suami dari Ketua Dewan Lembaga Adat Keraton Kasunanan Surakarta, Gusti Moeng.

Halaman Selanjutnya
img_title