Panglima TNI Tegaskan 5 Penumpang Susi Air Telah Berhasil Dievakuasi

KSAL Laksamana Yudo Margono
Sumber :
  • ANTARA

Bandung – Sebuah pesawat Susi Air dengan nomor penerbangan SI-9368 telah dibakar oleh sejumlah kelompok kriminal bersenjata OPM di landasan Bandara Paro, Distrik Nduga, Papua pada hari Selasa pagi, 7 Februari 2023.

Ibu Hamil Penumpang KRL Keguguran Usai CekCok dengan Penumpang Lain, Ini Penyebabnya

Kelompok OPM pimpinan Egianus Kogoya mengakui telah membakar pesawat Susi Air SI-9368 di Bandara Paro tersebut. Mereka juga mengklaim telah menyandera Philips Max Marthin sang kapten pilot. Melalui keterangan resmi TPNPB kelompok OPM pimpinan Egianus Kogoya mengatakan, TPNPB tidak akan melepaskan pilot tersebut hingga beberapa tuntutannya dipenuhi.

"Pilotnya kami sudah sandera dan kami sedang bawa keluar, untuk itu anggota TNI Polri tidak boleh tembak atau interogasi masyarakat sipil Nduga sembarang, karena yang melakukan adalah kami TPNPB Kodap III Ndugama-Derakma di bawah pimpinan Panglima Brigjen Egianus Kogoya," tulis keterangan resmi kelompok OPM Papua.

Mabes TNI Klarifikasi Pernyataan Panglima TNI Piting Rakyat Viral di Medsos

Sementara itu, Panglima TNI Laksmana Yudo Margono menegaskan bahwa tidak ada penyanderaan terhadap pilot maupun penumpang pesawat Susi Air dengan nomor penerbangan SI 9368. Pilot maupun penumpang menyelamatkan diri secara terpisah saat peristiwa pembakaran terjadi.

Pihaknya juga menegaskan bahwa para penumpang sudah berhasil dievakuasi dan telah kembali ke rumah masing-masing.

Klarifikasi Pernyataan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Soal Pernyataan Piting Rakyat

"Untuk penumpang saat ini semuanya sudah bisa diamankan, sudah dievakuasi. Iya lain (pilot dan penumpang menyelamatkan diri secara terpisah)," kata Yudo usai menghadiri rapat pimpinan (rapim) TNI-Polri di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Februari 2023.