Nasib Guru Honorer yang Kritik Ridwan Kamil di Cirebon Saat Ini

Screenshoot komentar Sabil pada Ridwan Kamil dan Surat Keputusan
Sumber :
  • Berbagai Sumber

Bandung – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil membuat klarifikasi terkait guru honorer di Cirebon yang dipecat dari dua sekolah gegara mengkritik dirinya di media sosial. 

Ridwan Kamil Blak-blakan Soal Putusan Maju Pilkada Jabar atau Jakarta

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil mengaku kaget atas pemecatan guru Cirebon tersebut. 

"Menyikapi hadirnya berita bahwa ada guru SMK diberhentikan oleh yayasannya karena mengkritik saya, yang membuat saya juga kaget," kata Ridwan Kamil dikutip dari akun Insagram pribadinya @ridwankamil pada Rabu, 15 Maret 2023. 

Temukan Titik Terang, Begini Kronologi Kasus Kekerasan di SMA Binus Serpong

Kang Emil menegaskan jika dirinya tidak antikritik. Sebelum guru honore Cirebon itu, bahkan banyak yang mengkritik dirinya secara santun maupun kasar. Namun ia menanggapinya dengan santai. 

"Seorang pemimpin harus terbuka terhadap kritik walaupun kadang disampaikan secara kasar. Sudah ribuan kritik masuk, dan selalu saya respon dengan santai dan biasa saja. Kadang ditanggapi dengan memberikan penjelasan ilmiah, kadang dibalas dengan bercanda saja," kata dia

Tak Terima Disebut Lulusan SMP, Rizky Billar Tegaskan Bisa Gaji Karyawan Lulusan UI

Kang Emil menengarai pemecatan guru tersebut karena pihak sekolah ingin menjaga nama baik lembaga pendidikannya. Terlebih, kritik guru tersebut disampaikan dengan cara yang kurang etis.

"Mungkin karena yang melakukannya posting kasar adalah seorang Guru, yang postingannya mungkin dilihat/ditiru oleh murid-muridnya, maka pihak sekolah/yayasan untuk menjaga nama baik insitusi memberikan tindakan tegas sesuai peraturan sekolah yang bersangkutan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
img_title