Agar Puasa Kamu Tidak Batal Sebaiknnya Jauhi 8 Hal Ini, Diingat ya...

hal yang bisa membatalkan puasa
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Bandung – Kewajiban melaksanakan ibadah puasa ini hanya bagi umat muslim. Maka dari itu, penting bagi umat Islam mengetahui apa saja perkara yang membatalkan puasa agar ibadah puasa kita sah.

Profil Chandrika Chika, Selebgram Cantik yang Terjerat Kasus Narkoba

Perintah berpuasa sendiri didapatkan oleh Nabi Muhammad dan umatnya saat bulan Syaban, ketika Rasulullah SAW tengah membangun pemerintahan baru di Madinah. Kewajiban tersebut disampaikan oleh Allah SWT dalam QS Al Baqarah ayat 183,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Bukan Penistaan Agama, Ini Alasan TikToker Galih Loss Buat Konten Soal Taawudz

8 hal ini sebaiknya dihindari agar puasamu tak batal;

1. Memasukkan sesuatu ke lubang tubuh dengan sengaja

Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Penistaan Agama Terkuak, Begini Kata Polisi

yang dimaksud lubang di sini adalah lubang telinga, hidung, mulut dan lubang kemaluan (depan dan belakang). Ada pendapat yang mengatakan jika seseorang melakukan BAB di sungai maka kemungkinan puasa orang tersebut batal, karena kemungkinan besar orang yang membersihkan lubang kemaluannya setalah BAB  disungai akan terhirup air ke dalam lubang tersebutt.

2. Menstruasi dan Nifas

Halaman Selanjutnya
img_title