7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Mencegah Kanker !

Manfaat ketika melakukan puasa
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Bandung - Bulan ramadan adalah bulan dilaksanakannya puasa bagi pemeluk agama Islam, puasa yang dilakukan dengan menahan diri dari makan dan minum dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari, selama bulan ramadan.

Bukan H-7 atau H-3 Lebaran, Ini Waktu Terbaik Serahkan Zakat Fitrah Kata Ustaz Firanda Andirja

Di dalam agama Islam puasa mengandung makna spiritual dan nilai sosial yang begitu penting, dinayarnya adalah memperkuat rasa empati dan solidaritas sosial, meningkatkan dan menimbukan rasa ketqwaan kepada Allah swt.

Ternyata melakukan puasa sejumlah penelitian menemukan manfaat yang luar biasa ketik seseorang melakukan puasa baik di bulan luasa atau selain itu.

Rahasia Ampuh Usir Bau Mulut Membandel Saat Puasa, Berikut 6 Tipsnya

1. Menurunkan Gula Darah

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah yang dapat bermanfaat bagi mereka yang berisiko terkena diabetes. Mengurangi resistensi insulin dapat meningkatkan kepekaan tubuh Anda terhadap insulin, memungkinkannya memindahkan glukosa dari aliran darah ke sel-sel tubuh dengan lebih efisien. Ditambah lagi dengan efek menurunkan gula darah yang berpotensi puasa sehingga bisa menjaga gula darah tetap stabil.

Bolehkah Zakat Fitrah Diberikan ke Orang Tua? Simak Penjelasan Buya Yahya

2. Memerangi Peradangan

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat membantu mengurangi tingkat peradangan dan membantu meningkatkan kesehatan yang baik. Satu studi pada 50 orang dewasa sehat menunjukkan bahwa satu bulan puasa secara signifikan menurunkan tingkat penanda peradangan.

Halaman Selanjutnya
img_title