Museum Dewantara Diinjak Massa yang Bentrok di Tamansiswa Yogyakarta, Cucu Ki Hajar Dewantara Menang

Pulung Nirboyo
Sumber :

Viva Bandung – Bentrok massa yang terjadi di kawasan Jalan Tamansiswa, Yogyakarta, berimbas pada sejumlah fasilitas museum Ki Hajar Dewantara yang rusak.

Masuk dalam Dokumenter Ancient Apocalypse Netflix, Inilah Misteri Gunung Padang

Cucu dari Ki Hajar Dewantara pun hanya bisa menangis melihat peninggalan kakeknya terinjak-injak massa yang berusaha menyelamatkan diri dengan memasuki gerbang Pendopo Tamansiswa.

Pulung Nirboyo, mengaku hanya bisa menangis ketika ratusan massa memasuki area Museum Dewantara yang merupakan bangunan cagar budaya.

Disparbud Jabar Gelar Apresiasi Juru Pelihara Situs atau Cagar Budaya

KEndati demikian, dia juga sedikit bangga saat nama sang kakek, Ki Hajar Dewantara masih memiliki kehormatan dengan tidak dirusaknya patung Ki Hajar Dewantara. Massa juga tidak sampai masuk ke dalam pendopo Tamansiswa.

"Ya waktu massa masuk itu pikiran saya menangis.. terharu saya. Ya itu tadi kita sebagai anak cucunya sendiri kita mau masuk rumah eyang, mau duduk di kursi saja gak mau, gak berani karena bener-bener kita menjaga." jelas Pulung. "Begitu malam itu melihat sampai diinjek-injek gitu saya nangis...saya nangis. Dan yang kedua saya sedikit bangga karena masyarakat Jogja ternyata masih menghormati eyang kami." lanjutnya.

Anda Berhak Dapat Saldo DANA Gratis Rp500 Ribu Hari Ini, Jumat 19 April 2024

"Karena kami berteriak-teriak, tolong jangan naik pagar .. tolong jangan menginjak cagar budaya, mereka benar memang tidak berani meloncat ke dalam, walaupun dengan kondisi menimpuk-nimpuk ya tapi yang jelas mereka tidak merusak patung eyang saya, trus tidak menerobos masuk Pendopo Tamansiswa itu aja," jelasnya lagi.

Menurut Pulung, sejumlah fasilitas di Museum Dewantara membuat keluarga terpukul. Selama ini, anak cucu sang pahlawan pendidikan itu selalu merawat berbagai koleksi peninggalan sejarah.

Halaman Selanjutnya
img_title