Negara Kalah Oleh Kartel Minyak Goreng, Ujungnya BLT

Anggota Komisi 1 DPR RI Fraksi NasDem Muhammad Farhan
Sumber :
  • Adi Suparman

Bandung – Dana segar senilai Rp6,9 triliun disiapkan untuk warga miskin di tanah air sebagai alokasi Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng. Untuk diketahui, Pemerintah dari tingkat pusat hingga daerah kewalahan atasi kelangkaan minyak goreng hingga terjual dengan harga tinggi di pasaran dan memberatkan warga ditengah sulitnya ekonomi.

DPR Kecam Italia Berantas Minoritas Umat Islam dengan Batasi Ibadah Salat

Dana BLT ini direncanakan bakal dicairkan dalam waktu dekat dengan nominal Rp300 ribu per orang untuk toga bulan dan ditransfer sekaligus di awal pencairan. Jangan sampai, BLT ini ditranfer kepada mereka yang berpenghasilan menengah.

Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi NasDem, Muhammad Farhan menekankan perlu ada kategori khusus daftar penerima BLT minyak goreng ini. Karena, menurutnya, dampak kelangkaan minyak goreng dirasakan oleh mereka yang benar - benar kurang mampu.

Nasdem Dituding Minta Mahar Rp3,5 Miliar ke Bacaleg, Muhammad Farhan Angkat Bicara

"BLT ini program bantuan sementara yang bersifat jangka pendek untuk mengatasi kondisi kedaruratan tertentu, khususnya bagi masyarakat berpengasilan rendah," ujar Farhan dalam keterangannya, Rabu 6 April 2022.

Pemerintah dinilai harus lebih berani memberantas kelangkaan minyak goreng ini dengan signifikan mulai dari ketersediaan bahan baku hingga pasar. Pasalnya, kelangkaan minyak goreng di tengah pandemi dipastikan semakin menyulitkan masyarakat kurang mampu.

Pemberlakuan TV Digital Farhan Sebut ASO Upaya Pemerataan Digitalisasi

"Kasus kelangkaan yang dilanjutkan dengan lonjakan harga minyak goreng belakangan ini, penyelesaiannya jelas bukan dengan cara membagikan BLT," katanya.

Pemerintah, lanjut Farhan, harus mengubah tata kelola bahan baku minyak goreng. "Masalah minyak goreng harus diselesaikan melalui pembenahan mendasar terhadap tata kelola dan tata niaga minyak goreng dalam negeri agar kasus kelangkaan dan lonjakan harga yang terjadi belakangan ini tidak terulang," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title