Kontroversi! Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Sebut Indonesia adalah Tanah Suci, Bukan Mekkah

Pengasuh Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • YouTube Al-Zaytun Official

Viva Bandung – Pondok Pesantren Al-Zaytun tidak berhenti memperlihatkan berbagai kontroversi. Tidak heran jika ponpes di Indramayu ini menyita perhatian publik. 

Panji Gumilang Dijatuhi 1 Tahun Penjara, PN Indramayu Amankan Beberapa Bukti

Sebelumnya, santri diperbolehkan berzina dan melakukan penebusan dosa dengan uang. Hal ini menuai kontroversi di media sosial.

Akhir-akhir ini, beredar video pidato Panji Gumilang yang menyebutkan bahwa Indonesia adalah tanah suci. Dia bahkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan mengganti liriknya menjadi "Indonesia tanah yang suci". Dengan lantang, dia menyerukan bahwa Indonesia adalah tanah suci.

Tok! PN Indramayu Vonis Panji Gumilang Satu Tahun Penjara

Pimpinan pondok pesantren Al-Zaytun itu bahkan menyatakan kepada para audiens tidak perlu mati di Mekkah, karena Indonesia juga tanah suci. Hal ini langsung menjadi perbincangan hangat di media sosial.

“Indonesia tanah suci, nggak usah mau mati di tanah suci yang jauh, di Indonesia juga mati suci,” seru Syekh Panji Gumilang, pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu, Jawa Barat yang dilansir dari akun YouTube Rezky Maisya Putra. 

Resmi Dipenjara, Panji Gumilang Divonis Satu Tahun

Dia mengatakan bahwa Indonesia tanah suci didasarkan pada lirik lagu "Indonesia Raya" stanza ke-3. Tidak hanya itu, dia juga membuat heboh setelah menyatakan tidak meyakini hadist Nabi Muhammad SAW.

Panji menambahkan, bahwa banyak orang Indonesia tidak menyadari negara ini adalah tanah suci. Hal itu lantaran tidak pernah membaca lagu kebangsaannya sampai 3 stanza. Dirinya mengutip lirik lagu yang menyebutkan "Inodnesia tumpah darahku".

Halaman Selanjutnya
img_title