Dukung Pencapaian Indonesia Emas 2045, Kementerian PPN/Bappenas Gelar Forum RPJPN

Amich Alhumami
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Bandung – Dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat pada bidang pendidikan serta mempertajam rancangan awal RPJPN tahun 2025-2045, Kementerian PPN/Bappenas menggelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045.

Launching Komunitas Indo Academy Jawab Tantangan Pemuda Meraih Generasi Emas 2045

Kegiatan yang diprospekkan dalam penyusunan RPJPN baru untuk mendeskripsikan target pembangunan menuju Indonesia Emas 2045 ini dilaksanakan di Hotel Holiday Inn, Bandung pada Kamis (7/6/2023).

RPJPN ini akan menjadi acuan dan pedoman bagi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025-2029, Rencana Kerja Pemerintah (RKP), serta dijabarkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Pencak Silat Topang Indonesia Emas 2045

Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas, Amich Alhumami mengatakan, RPJPN baru dirancang untuk mendukung pencapaian Indonesia Emas 2045 melalui delapan visi pembangunan dan 17 arah pembangunan serta 45 indikator utama pembangunan. 

“RPJPN yang sedang disusun saat ini akan mewujudkan visi Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA Bandung, Sabtu (10/6/2023).

Rekor Baik Korea Selatan Dihancurkan Shin Tae-yong

Amich Alhumami

Photo :
  • Istimewa

Lebih lanjut, Amich mengatakan, pendidikan berkualitas yang merata menjadi salah satu prioritas dalam RPJPN 2025-2045. Prioritas ini diharapkan mampu mendorong pembangunan menjadi lebih berpusat pada manusia, sehingga lulusan pendidikan mampu meningkatkan kualitas hidup, kesejahteraan, dan kemampuan manusia (human capabilities) untuk meningkatkan harkat dan martabat dengan memenuhi semua kebutuhan dasar, serta menggunakan pendekatan siklus hidup. 

Halaman Selanjutnya
img_title