Pendiri Ponpes Al-Zaytun Sebut Mekkah Bukan Tanah Suci Tapi Hanya Untuk Ibadah

Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • VIVA.co.id

Viva Bandung – Setelah sebelumnya memperbolehkan santri berzina dan penebusan dosa dengan uang, beberapa kontroversi Ponpes Al-Zaytun menarik perhatian publik. Pidato Syekh Panji Gumilang, pimpinan Ponpes Al-Zaytun, kali ini menuai perdebatan di media sosial.  

Usai Unggah Foto Starbucks di Mekkah, Zita Anjani Malah Tantang Balik Masyarakat Soal Ini

Pidato Panji Gumilang tentang tanah Indonesia yang suci baru-baru ini dirilis dalam video. Dia bahkan mengubah lirik dari lagu Indonesia Raya menjadi "Indonesia Tanah Suci", dengan lantang menyerukan "Indonesia Tanah Suci". 

Bahkan, dia memberi tahu para pendengar bahwa Indonesia juga suci, jadi mereka tidak perlu mati jauh di Tanah Suci Mekkah. Oleh karena itu, topik ini langsung menjadi topik diskusi di media sosial. 

Liga Muslim Dunia Tulis Sepucuk Surat Untuk Prabowo Soal Pilpres, Isinya Tak Terduga

“Indonesia tanah suci, nggak usah mau mati di tanah suci yang jauh, di Indonesia juga mati suci,” seru Syekh Panji Gumilang, pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu, Jawa Barat yang dilansir dari akun YouTube Rezky Maisya Putra.

Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang

Photo :
  • VIVA.co.id
Hukum Warteg yang Jual Makanan di Siang Hari Selama Ramadhan, Kata Buya Yahya

Lagu Indonesia Raya Stanza ke 3 menunjukkan bahwa Indonesia adalah tanah suci. Selain itu, pernyataan kontroversialnya tentang ketidakpercayaan terhadap hadist Nabi Muhammad SAW membuat publik heboh. 

Menurut Panji Gumilang, banyak orang Indonesia tidak tahu bahwa Indonesia adalah tanah suci karena mereka tidak pernah membaca lagu kebangsaannya. Ia mengutip lirik lagu Indonesia Raya di mana Tanah Tumpah Darahku disebutkan. 

Halaman Selanjutnya
img_title