Kereta Cepat Jakarta-Bandung Akan Segera Beroperasi, Kecepatannya Bikin Terpukau

Kereta Cepat
Sumber :

Viva BandungPT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menargetkan bahwa Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan beroperasi pada bulan Agustus 2023. Menjelang operasional, dilakukan beberapa uji coba untuk menyempurnakan [rasarana untuk peningkatan laju KCJB tersebut.

Mundur Lagi, Uji Coba Kereta Cepan akan Dilakukan Awal September 2023

Emir Monti, manager corporate communication KCIC, menjelaskan bahwa dari target total speed atau puncak kecepatan teknis mencapai 385 km/jam. Saat ni lagu Kereta Inspeksi di jalur KCJB sudah menembus angka 220 km/jam.

"Saat ini laju Kereta Inspeksi di jalur KCJB telah menembus angka 220 km per jam. Ini merupakan sejarah baru bagi perkeretaapian di Indonesia, yang akan segera memiliki kereta api kecepatan tinggi," kata Emir pada Selasa, 13 Juni 2023.

Kereta Cepat Jakarta Bandung Akan Digratiskan Selama 3 Bulan

Emir juga memastikan bahwa pihaknya saat ini masih fokus melakukan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan testin and commisioning KCJB secara internal. 

"Melalui CIT atau Kereta Inspeksi, seluruh parameter sarana dan prasarana KCJB dapat terdeteksi selama proses pengujian," ujarnya. Emir menjelaskan, pengujian itu dilakukan secara berkala dengan rute Stasiun Tegalluar, Stasiun Padalarang, Stasiun Karawang, dan Stasiun Halim. Kecepatan Kereta Inspeksi pada saat pengujian juga akan terus ditingkatkan secara bertahap, hingga mencapai puncak kecepatan teknisnya di 385 km per jam.

KCIC Keluarkan Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Ini Pembagian Kelasnya!

Selain itu, Emir juga menjelaskan, paralel dengan pengujian yang dilakukan oleh kontraktor, KCIC juga terus melakukan koordinasi dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian KEmenterian Perhubungan dalam menyiapkan izin operasi KCJB.

Saat ini juga sedang dilakukan FGD antara KCIC, kontraktor KCJB, Kemenhub, dan beberapa pihak lain. FGD ini membahas persiapan pengujian dan pengumpulan berbagai data dan dokumen yang dibutuhkan demi melengkapi persyaratan Kemenhub.