Terungkap Motif Panji Gumilang Kuras Harta Jamaahnya, Pakai Ilmu Ini

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang dan
Sumber :
  • YouTube Al Zaytun Official

Viva Bandung –Kabar tentang Ponpes Al Zaytun Indramayu terus menjadi perdebatan. Dalam kasus ini, Panji Gumilang, yang bertanggung jawab atas lembaga tersebut, dilaporkan sering menguras harta jemaahnya. 

Viral! Pria Rambut Kribo Bayar Seenaknya Usai Makan Berlebihan di Warteg Jakpus, Pemilik Geram

Ken Setiawan, mantan pendiri NII Crisis Center, mengatakan hal itu. Menurutnya, Panji Gumilang selalu menggunakan ayat Alquran untuk memeras harta jamaahnya. Surat Tadabur (9: 103) adalah dalil Al-Qur'an yang dimaksud.

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang dan

Photo :
  • YouTube Al Zaytun Official
Tetapkan Idul Fitri Lebih Awal, MUI Sebut Praktik Jemaah Aolia Tidak Sesuai Syariat Islam

"Ambilah zakat dari sebagain harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka, sesungguhnya doa kamu itu menjadi ketentraman jiwa bagi mereka, dan Allah Maha mendengar lagi maha mengetahui," bunyi ayat Alquran surat At Tadabur (9: 103).

Menurut Ken Setiawan, kelompok NII memahami perintah dalam ayat tersebut dengan jelas menggunakan fiil amr, yang berarti "Ambilah".

Bagi-bagi THR Lebaran Tapi Belum Bayar Hutang? Begini Hukumnya Kata Buya Yahya

Alumni Ponpes Al Zaytun dari jemaah Panji Gumilang bahkan percaya bahwa bersedekah di Al Zaytun dapat menghapus dosa seperti bayi baru lahir.

"Diyakini oleh jamaah NII hanya dengan megeluarkan harta kepada Ponpes Al Zaytun, maka seseorang dapat membersihkan dirinya dari dosa dan disucikan kembali seperti bayi yang baru lahir," ungkap Ken dikutip dari tvOneNews, Rabu (14/6/2023).

Halaman Selanjutnya
img_title