Pimpinan Ponpes Al Zaytun: Haleluya Sama dengan Tahlil

Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA Bandung – Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang seakan tidak ada habis membuat sensasi yang mengundang perhatian publik. Baru-baru ini, ia menyebut bahwa 'Haleluya' dan 'Tahlilan' adalah hal yang sama. Pernyataan itu tersebar dalam sebuah video yang diunggah oleh akun TikTok @herrypatoeng.

Profil Chandrika Chika, Selebgram Cantik yang Terjerat Kasus Narkoba

Dalam video tersebut, Panji Gumilang mengaku bahwa dirinya tidak setuju apabila ucapan dan nyanyian Haleluya hanya dimiliki oleh penganut agama Nasrani atau Kristen

"Haleluya itu jangan dianggap milik Nasrani. Merupakan milik umat Indonesia yang punya Tuhan," kata Panji Gumilang seperti dikutip VIVA Bandung pada Jum'at (16/6/2023).

Bukan Penistaan Agama, Ini Alasan TikToker Galih Loss Buat Konten Soal Taawudz

Panji Gumilang menegaskan, Haleluya memiliki arti besarkan Tuhan. Di Indonesia berpedoman pada asas ketuhanan Yang Maha Esa. Sehingga ucapan dan nyanyian tersebut, kata Panji, sama dengan tahlil yang dilakukan oleh umat Islam di Indonesia. 

Sontak saja sejumlah netizen yang melihat unggahan itu memberikan beragam komentar. Tidak sedikit dari mereka yang meminta kepada pihak setempat untuk tegas menyatakan bahwa ajaran Panji Gumilang itu menyimpang. Ada juga netizen yang malah mempertanya agama pria 76 tahun tersebut.

Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Penistaan Agama Terkuak, Begini Kata Polisi

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang dan

Photo :
  • YouTube Al Zaytun Official

“Sama sih sama, tpi bukannya tetep harus ada batasannya mbah? klau smua dbuat sprti itu bukannya jadi campur aduk mbah??” tulis salah satu netizen. 

Halaman Selanjutnya
img_title