Sebut Masjid Bukan Pusat Peradaban, Pimpinan Al Zaytun: Hanya Duduk Dipaksa Ngisi Kaleng

Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Bandung – Media sosial saat ini kembali dihebohkan dengan pernyataan Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang yang selalu menuai kontroversial.

Kembali Heboh! Warganet Curhat Marak Pungli di Masjid Al Jabar Bandung

Melansir dari video yang diunggah akun TikTok @herypatoeng, pria 76 tahun itu menyebut bahwa masjid adalah tempat orang-orang putus asa. Konsep masjid yang sebenarnya, kata dia, hanya ada di Vatikan.

“Masjid itu adanya di Vatikan sana, di sini (Indonesia) tempat orang-orang putus asa, masjid-masjid itu,” kata Panji Gumilang dikutip VIVA Bandung pada Sabtu (17/6/2023).

Masuk ke Masjid untuk Belajar Islam, Pastor Eastwood Juga Ajak Para Jemaat

Panji Gumilang juga mengungakapkan, kotak amal yang kerap beredar di masjid sangat memalukan. Sebab, sampai saat ini masih banyak masjid di Indonesia yang belum memiliki donatur tetap.

Alumnus Ponpes Gontor itu menyebut, masjid yang berada di Indonesia tidak pantas disebut sebagai pusat peradaban, sebab masih kesulitan untuk mendapatkan uang dari jemaahnya.

Ini Alasan Pastor Eastwood Ajak Jemaatnya belajar Islam ke Umat Muslim

Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang

Photo :
  • Istimewa

“Hanya duduk, dipaksa ngisi kaleng (kotak amal) keluar, selesai. Ini masjid peranannya, katanya, sebagai pusat peradaban, tidak ada. Yang ada peradaban pungutan uang.” ucap Panji Gumilang.

Halaman Selanjutnya
img_title