Wakil Menteri Agama Angkat Bicara Soal Perbedaan Waktu Iduladha dengan Muhammadiyah

wakil menteri agama
Sumber :

Viva Bandung – Berdasarkan hasil sidang Isbat oleh Kementerian Agama, Hari Iduladha 1444 H diputuskan jatuh pada tanggal 29 Juni 2023. Namun keputusan tersebut berbeda dengan yang diputuskan oleh sejumlah ormas Islam, seperti Muhammadiyah yang menetapkan iduladha jatuh pada tanggal 28 Juni 2023.

Profil Ustadz Untung Cahyono, Penceramah Viral Usai Bahas Politik Saat Sholat Ied

Dalam keterangan pers wakil menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa'adi, masyarakat diimbau agar tetap rukun dalam menjalankan ibadah Iduladha. Walaupun terdapat perbedaan, dia berharap tidak terlalu ditonjolkan.

"Untuk diketahui seluruh lapisan masyarakat jika pada hari ini dan kedepannya ada pelaksanaan ibadah yang berkaitan dengan Idul Adha, kami berharap tidak ada yang menonjolkan perbedaan, akan tetapi mencari titik temu dari persamaan-persamaan yang dimiliki," kata Zainut saat konferensi pers di Gedung Kementerian Agama RI, Minggu, 18 Juni 2023. 

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri dari Megabintang Cristiano Ronaldo

Dengan perbedaan pelaksanaan hari raya, Zainut Tauhid berharap masyarakat tetap bisa saling menghargai dan membangun toleransi dengan pihak-pihak yang berbeda.

"Kita harus memiliki sikap toleransi, kita harus saling menghargai perbedaan yang terjadi, bukan saling mencaci, bukan melakukan hal-hal ysng tidak disukai," jelasnya. Dalam kesempatan yang sama, Ketua MUI KH Abdullah Jaidi juga menghimbau masyarakat untuk tidak terpecah belah. Meski adanya perbedaan hari Raya Idul Adha tahun ini. 

10 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H Versi Bahasa Inggris, Bagikan ke Orang Tercinta

"Tadi telah disepakati bersama, dan mudah-mudahan kami berharap perbedaan ini tidak memicu pertikaian di antara kita, tidak saling menghujat, saling menganggap dirinya paling benar," jelasnya. 

Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi, juga mengimbau masyarakat untuk tidak terpecah belah atas perbedaan yang ada. Dia mengimbau para ASN agar bisa bekerja dengan profesional.

Halaman Selanjutnya
img_title