Pakar Komunikasi Menduga Panji Gumilang Mengidap Sindrom Megalomania

Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • VIVA.co.id

Viva Bandung – Uwes Fatoni, pakar komunikasi Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati menduga Panji Gumilang yang sering mengucapkan pernyataan kontroversi dalam ceramahnya diduga karena mengidap sindrom megalomania.

Deretan Kontroversi Pendeta Gilbert, Singgung Konsep Zakat hingga Dituduh Selewengkan Uang Gereja

Sindrom megalomania ini mendorong pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun itu memiliki rasa percaya diri ketika melontarkan berbagai gagasan di luar syariat Islam dengan maksud agar Panji dianggap sosok yang hebat.

"Sepertinya Syekh Panji Gumilang mengalami sindrom megalomania dengan merasa bahwa dirinya besar, sehingga memberikan gagasan-gagasan yang ingin menunjukkan bahwa pemikirannya hebat," kata Uwes kepada wartawan, Jumat 23 Juni 2023.

Profil Gilbert Emanuel, Pendeta yang Dikecam Gegara Singgung Zakat Umat Islam

Apalagi posisinya di ponpes Al-Zaytun membuat Panji Gumilang semakin kuat dan seluruh pernyataan tersebut tidak bisa dibantah oleh para santri. Namun ketika gagasan tersebut muncul di media sosial, keresahan pun timbul di masyarakat.

Bardasarkan beberapa sumber, sindrom megalomania adalah keyakinan dalam diri sseseorang bahwa dirinya memiliki kebesaran, keagungan, serta kekuasaan. Keyakinan ini tidak hanya ditunjukkan dengan sikap sombong, tetapi bagian dari gangguan jiwa.

Profil, Karir hingga Kontroversi Nasrullo Kabirov, Wasit FIFA yang Rugikan Timnas Indonesia

Beberapa gejala sindrom megalomania antara lain:

1. Sulit membedakan mana yang nyata dan tidak, dalam medis ini dikenal dengan istilah skizofrenia. 

Halaman Selanjutnya
img_title