Mengenal Pasukan Wagner, Tentara Bayaran yang Menyerang Rusia

Wagner Group
Sumber :

Viva Bandung - Tentara bayaran Wagner Group membelot dari pasukan Rusia setelah sebelumnya membantu menyerang Ukraina. Grup Wagner melakukan pemberontakan bersenjata yang bertujuan untuk menggulingkan Menteri Pertahanan Rusia.

Perang di Timur Tengah Memanas, Rusia Kirim Jet Tempur Canggih Bantu Iran Hadapi Balas Dendam Israel

Grup Wagner adalah sebuah organisasi paramiliter dari perusahaan swasta yang beroperasi di Rusia. Grup ini memiliki nama resmi Private Military Company (PMC) Wagner. Pada dasarnya adalah sebuah perusahaan militer swasta dan jaringan tentara bayaran.

Kelompok ini untuk pertama kalinya diidentifikasi pada tahun 2014 ketika mendukung pasukan separatis pro Rusia di Ukraina Timur. Organisasi ini disebut sebagai kelompok rahasia yang sebagian besar beroperasi di wilayah Timur Tengah dan Afrika.

Tutorial Log In Yandex, Bisa Langsung Nonton Ratusan Film Secara Gratis

Menurut BBC, kelompok ini diperkirakan memiliki sekitar 5.000 pejuang dari resimen elit dan pasukan khusus Rusia. Sejak itu, Wagner kian berkembang. Bahkan, pada Januari 2023, Kementerian Pertahanan Inggris menginformasikan bahwa Grup Wagner memiliki 50.000 pejuang di Ukraina.

Organisasi ini disebut memulai rekrutmen besar-besaran pada 2022, lantaran Rusia kesulitan menemukan orang untuk tentara reguler. Meski tentara bayaran ilegal di Rusia, Grup Wagner telah terdaftar sebagai perusahaan pada 2022 dan memiliki markas baru di St Petersburg.

Foto dan Video Pelaku Terorisme di Moskow Tersebar, Diinterogasi dengan Setrum Kelamin

Di sisi lain, investigasi BBC terhadap Wagner Group mengungkap dugaan keterlibatan seorang mantan perwira militer Rusia, Dmitri Utkin. Dia dianggap sebagai komandan lapangan pertama Wagner dan sosok yang menamai grup dengan nama panggilannya sendiri.

Dmitri Utkin tercatat merupakan seorang veteran perang Chechnya, mantan perwira pasukan khusus dan Letnan Kolonel GRU, badan intelijen militer Rusia. Kini, Wagner dikepalai oleh Yevgeny Prigozhin, seorang pengusaha kaya yang dijuluki "koki Putin" lantaran menyediakan katering untuk Kremlin.

Halaman Selanjutnya
img_title