Sosok Penting di Balik Mundurnya Tentara Bayaran Wagner

Alexander
Sumber :

Viva Bandung – Setelah hampir tiga tahun berlalu, Presiden Rusia, Vladimir Putin mendukung Presiden Alexander Lukashenko. Kini, Lukashenko pun jadi sosok yang berhasil membangun kepercayaan Putin, setelah dirinya membujuk tentara bayaran Wagner, yevgeny Prigozhin yang memberontak untuk meninggalkan Moskow.

Perang di Timur Tengah Memanas, Rusia Kirim Jet Tempur Canggih Bantu Iran Hadapi Balas Dendam Israel

Seperti diketahui, krisis besar mengguncang fondasi Rusia, pada Sabtu, 24 Juni 2023, ketika tentara bayaran Wagner memberontak dan menuju Moskow. 

Tidak lama setelah serangan tersebut, Prigozhin memutuskan untuk membatalkan gerak maju mereka.

Tutorial Log In Yandex, Bisa Langsung Nonton Ratusan Film Secara Gratis

"Kami telah datang dalam jarak 124 mil dari ibu kota (Moskow), tetapi berbalik arah untuk menghindari penumpahan darah di Rusia," kata Prigozhin.

Menurut layanan pers kepresidenan Belarusia, keputusan tersebut mengikuti intervensi tak terduga dari Lukashenko sendiri.  

Foto dan Video Pelaku Terorisme di Moskow Tersebar, Diinterogasi dengan Setrum Kelamin

"Kesepakatan yang dicapai dengan Prigozhin adalah kasus pidana terhadap bos tentara bayaran akan dibatalkan, dan pejuang Wagner akan dimasukkan ke dalam struktur militer formal dengan menandatangani kontrak dengan kementerian pertahanan Rusia," kata pernyataan pers itu. 

Mundurnya tentara Wagner ini, hanya garis besar dari kesepakatan. Prigozhin yang keberadaannya masih tidak diketahui, belum mengomentari kesepakatan yang seharusnya.

Halaman Selanjutnya
img_title