Pengikut Al Zaytun Anggap Panji Gumilang Sebagai Nabi, Dibongkar Ken Setiawan

Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA BandungKen Setiawan, mantan loyalis Negara Islam Indonesia (NII) sekaligus alumni Pondok Pesantren Al Zaytun baru-baru ini kembali membeberkan kesesatan ponpes yang dipimpin oleh Panji Gumilang.

Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini Beda antara Muhammadiyah dan Salafi

Ken Setiawan membahas soal perubahan rukun Islam yang dilakukan Panji Gumilang. Hal itu dibahas Ken Setiawan saat menjadi salah satu narasumber dalam program Catatan Demokrasi di tvOne.

"Ajaran sesatnya, dia telah mengubah rukun Islam. Rukun Islamnya sama, tapi syahadatnya ini yang diajarkan di gerakan teritorial," kata Ken Setiawan dikutip dari kanal YouTube tvOne, Selasa (26/6/2023).

Ramai Perdebatan Soal Musik, Ternyata Begini Hukumnya dalam Islam

Diketahui, rukun Islam terutama Syahadat adalah salah satu hal yang sangat mendasar dan posisinya sangat penting untuk umat Islam. Menurut Ken, kalimat Syahadat ‘ngawur’ ini dijelaskan dalam sebuah buku yang ada di Al Zaytun. 

"Ini buku dibuat oleh, dulunya masih bupati, sekarang gubernur NII," ucap Ken.ken s

Gelar Pengajian, Rizky Febian Berencana Ajak Mahalini Masuk Islam Sebelum Menikah

Ken Setiawan, Alumni Ponpes Al Zaytun sekaligus mantan Pendiri NII Crisis Center

Photo :
  • tvOneNews

Ken juga menjelaskan, apabila dalam syahadat Islam yang sesungguhnya mengandung pengakuan bahwa Tiada Tuhan Selain Allah, maka dalam syahadat versi Al Zaytun ini memiliki sedikit perbedaan yaitu tidak ada negara selain negara Islam. 

Halaman Selanjutnya
img_title