Sebanyak 137 Bangunan Rusak Akibat dari Gempa Bantul Yogyakarta

Gempa Bantul
Sumber :

Viva BandungDaerah Istimewa Yogyakarta diguncang gempa bumi pada Jumat, 30 Juni 2023 sekitar pukul 19.57 WIB dengan kekuatan 6 SR. Pusat gempa ada di 86 km arah Barat Daya Kabupaten Bantul.

Heboh! Detik-detik Kantor Baru Baim Wong Ambruk, Semua Orang Bergegas Keluar

Plh Kepala Pelaksana DPBD DIY, Danang Syamsurizal menjelaskan bahwa gempa bumi ini berdampak pada sejumlah bangunan warga dan pemerintah. Berdasarkan update data pada Sabtu, 1 Juli 2023, dilaporkan ada sekitar 137 bangunan yang rusak.

"Dari 137 bangunan, 106 diantaranya adalah rumah warga yang mengalami kerusakan dengan kategori 102 rumah rusak ringan dan 6 rumah rusak sedang," ujar Danang.

Madonna Berikan Donasi untuk Korban Gempa di Maroko

"Rumah rusak 106 unit terdiri 102 unit rusak ringan dan 4 unit rusak sedang. Fasilitas perkantoran ada 12 unit yang rusak dengan 11 unit kategori rusak ringan dan 1 unit rusak sedang," imbuh Danang.

Selain itu, kerusakan juga terjadi pada fasilitas ibadah, dengan 5 unit kategori rusak ringan. Danang menjelaskan kerusakan fasilitas usaha ada 3 unit dengan kategori rusak ringan, ada 2 unit fasilitas pendidikan kategori rusak ringan, 3 unit kandang ternak rusak dengan kategori 1 rusak ringan, 1 rusak sedang, dan 1 rusak berat. Kerusakan juga terjadi di 1 unit jaringan listrik, 1 tiang listrik, dan 2 kerusakan pada travo listrik.

Sebelum Diguncang Gempa, Inilah 5 Tempat Wisata yang Miliki Pemandangan Menakjubkan di Maroko

"Dampak kerusakan akibat gempa bumi di Kabupaten Sleman ada 3 bangunan yang terdiri dari 1 rumah warga, 1 fasilitas pendidikan dan 1 tempat usaha. Tiga bangunan ini berkategori rusak ringan," jelas Danang.

Sedangkan di Kabupaten Kulon Progom ada sekitar 20 unit bangunan yang terdampak gempa. Dua puluh bangunan ini terdiri dari 16 rumah warga, 1 fasilitas kesehatan, 1 kandang hewan, dan 2 unit travo listrik.

Halaman Selanjutnya
img_title