Mengenal Pandawara Group, Kelompok Aktivis yang Bersihkan Pantai Terkotor Kedua di Indonesia

Pandawara Group
Sumber :

Viva Bandung – Pandawara Group, warga, dan pemerintah kota bersama-sama membersihkan sampah di Pantai Sukaraja, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung pada Senin, 10 Juli 2023. Meskipun hujan mengguyur, mereka tetap bersemangat membersihkan tumpukan sampah yang sudah ada sejak tahun 2004 lalu.

Veni Oktaviana dan Suhardiansyah Dikeluarkan dari UIN Lampung Usai Bersetubuh 6 Kali

PEmkot Bandar Lampung menurunkan ekskavator dan dump truk dinas lingkungan hidup (DLH) Bandar Lampung untuk mengangkut sampah yang sudah dikumpulkan.

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan pemeliharaan Pantai Sukaraja bukan tanggung jawab pemkot, melainkan provinsi. Kebijakan itu tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yaitu di pasal 14 ayat 1.

Profil Veni Oktaviana, Mahasiswi UIN Lampung yang 6 Kali Bersetubuh  dengan Dosen

Eva Dwiana menjalaskan bahwa kebersihan dan kesehatan lingkungan adalah tanggung jawab bersama seluruh lapisan masyarakat.

Aksi membersihkan sampah ini diinisiasi oleh sekelompok pemuda bernama Pandawara Group. Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkuat sinergitas antara masyarakat dalam memelihara lingkungan tetap bersih, salah satunya di bibir pantai yang ada di Indonesia.

Oknum Dosen Ini Kumpul Kebo dengan Mahasiswi, Ketua RT Buka Suara

Pandawara Group merupakan lima sekawan yang terdiri dari Rafli Pasya (22), Agung Permana (22), Gilang Rahma (22), Muchamad Iksan (21), dan Rifki Sa’dullah (22).

Mereka sudah bersahabat dari SMA. Kegiatan aksi bersih-bersih ini sudah mereka tekuni sejak bulan Agustus tahun 2022.

Halaman Selanjutnya
img_title