Terungkap Pemicu Kebakaran di Rumah Sakit Hermina Depok dari Percikan Api ketika Memasak

Suasana Parkiran RS Hermina Depok
Sumber :

Viva Bandung – Pihak rumah sakit Hermina Depok buka suara mengenai kebakaran yang terjadi semalam. Lies Nugrohowati, direktur RS Hermina, mengatakan bahwa kebakaran tersebut terjadi di lantai 5 rumah sakit, tepatnya di area dapur. Pemicu api dipastikan bukan karena kebocoran gas.

Kebakaran Gunung Bromo Capai Kerugian hingga Rp89,7 Miliar, Berikut Ini Rinciannya

“Dari dapur, di area dapur. Tidak ada kebocoran (gas),” kata Lies, Minggu, 23 Juli 2023.

Lies menjelaskan bahwa api muncul pertama kali karena percikan. Ketika itu ada karyawan bagian dapur yang sedang memasak. Hanya saja, Lies tidak menjelaskan dengan detail yang menjadi pemicu kemunculan pertama kali api tersebut.

Bintang Emon Sindir Pasangan Prewedding Pembakar Bromo yang Tuntut Balik Petugas TNBTS

“(Pemicu) karena memasak, ada hal yang memicu jadi api. Iya (percikan). Iya ada kami 24 jam selalu ada (memasak) untuk pasien keluarga pasien kami selalu ada  sampai 24 jam,” beber Lies.

Dia mengklaim manajemen RS sudah melakukan upaya penanganan kebakaran sesuai prosedur yang berlaku. Seluruh peralatan pemadam di RS pun berfungsi dengan baik. 

Terbaru! Titik Api Mulai Padam, Luas Area Kebakaran Gunung Bromo Capai 504 Hektar

“Kami punya manajemen risiko, kebakaran itu bisa terjadi apalagi di area pantry. Nah di sini adalah ya memang di situ terjadi, tapi kami fokus terhadap penanganan. Karena kami selalu dilatih bagaimana kalau terjadi kebakaran, yang dilakukan begini begini begini,” ucapnya.

Adapun langkah yang dilakukan oleh pihak rumah sakit sudah berdasarkan manajemen risiko. Ketika ada api, tim langsung mengaktifkan kode merah.

Halaman Selanjutnya
img_title