Bela Panji Gumilang, Pablo Benua Sebut Fatwa MUI Nyeleneh

Pablo Banua
Sumber :

Viva Bandung – Pablo Benua mengaku keberatan jika MUI dilibatkan dalam kasus yang dilimpahkan kepada Panji Gumilang, pimpinan ponpes Al Zaytun.

MUI Himbau Masyarakat Doakan Timnas Indonesia Juara Piala Asia 2024 dan Lolos ke Olimpiade Paris

Menurutnyna, pemerintah dan polisi tidak menjunjung asas keadilan jika melibatkan MUI dalam kasus itu. Pablo mengungkap beberapa fatwa MUI yang dianggapnya nyeleneh.

“Misalnya gini, pernah dengar enggak ada MUI bikin fatwa, nonton infotainment haram? Terus yoga haram? Trus orang kaya beli bensin subsidi haram? Coba, MUI ini Tuhan apa bukan?” ujar Pablo Benua dikutip dari TikTok Heri Patoeng, Senin 24 Juli 2023.

MUI Harap Momen Idul Fitri 1445 H Bisa Jadi Titik Rekonsiliasi Pasca Pemilu 2024

Karena dianggap sering mengeluarkan fatwa yang kontroversial, Pablo Benua menyarankan MUI untuk diperbaiki atau dirombak secara keseluruhan.

“Jadi saya melihat lembaga MUI ini perlu ada perbaikan yang besar, karena agak nyeleneh juga fatwa-fatwa yang mereka keluarkan,” kata dia.

Tetapkan Idul Fitri Lebih Awal, MUI Sebut Praktik Jemaah Aolia Tidak Sesuai Syariat Islam

Pablo meminta masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan tuduhan-tuduhan yang menyatakan Al Zaytun sesat. Sebab, kata dia, tuduhan yang selama ini beredar tidak konsisten dan berubah-ubah.

“Contoh misalnya orang bilang di sini radikal, tapi ada juga tuduhan yang bilang di sini toleransi yang kebablasan. Logika kita di mana, ada radikal, lalu toleransi yang kebablasan, ini sudah bertolak belakang. Itu tuduhan yang menurut saya yang patut tidak dipercaya,” ungkapnya

Halaman Selanjutnya
img_title