Stasiun Gambir Berhenti Layani KAJJ, Kini Dialihkan ke Manggarai

Stasiun Gambir berhenti layani penumpang jarak jauh.
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG – Kabar terkini terkait rute pelayanan kereta api, Stasiun Gambir rencananya tidak akan melayani penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ).

Stasiun Kereta Cepat di Karawang Masih Belum Beroperasi, Erick Thohir Ungkap Alasannya

Rute pelayanan akan dialihkan ke Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral yang melayani KAJJ, KRL, dan kereta bandara.

Dikutip dalam keterangan resmi Kementrian Perhubungan pada Selasa, 7 Juni 2022, Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, hal itu sesuai dengan proyek Double Double Track (DDT).

Kereta Cepat Whoosh Tambah 12 Perjalanan untuk Mudik Lebaran 2024, Ada Harga Spesia di Momen Lebaran

"Sesuai dengan rencana proyek Double Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang, Stasiun Manggarai saat ini dikembangkan menjadi stasiun sentral yang akan melayani kereta jarak jauh, KRL, dan KA Bandara," ujar Irawati.

Ia menjelaskan, saat ini tengah berlangsung switch over di Stasiun Manggarai. Switch over merupakan pergantian atau peralihan sistem persinyalan, operasional, atau pelayanan untuk meningkatkan penggunaan kereta api.

Ibu Hamil Penumpang KRL Keguguran Usai CekCok dengan Penumpang Lain, Ini Penyebabnya

"Saat ini masih dalam proses khususnya dengan melakukan switch over. Tentu soal infrastruktur penunjang juga akan disiapkan seperti akses dan parkir," kata dia.

Dia mengatakan, KAJJ akan berhenti terakhir di Stasiun Manggarai. Stasiun Gambir akan diprioritaskan untuk melayani KRL. Jika berjalan sesuai rencana, hal tersebut bakal terealisasi pada 2025.

Halaman Selanjutnya
img_title