Misteri Meninggalnya Prigozhin Setelah Jenderal Surovikin Dipecat Putin

Jenderal Surovikin
Sumber :

Viva Bandung – Setelah kabar meninggalnya pemimpin tentara bayaran Rusia PMC Wagner Group, Yevgeny Prigozhin, tanda tanya besar pun muncul. Kecelakaan pesawat yang menewaskannya hanya berselang sehari setelah pemecatan Jenderal Sergey Surovikin.

Perang di Timur Tengah Memanas, Rusia Kirim Jet Tempur Canggih Bantu Iran Hadapi Balas Dendam Israel

Prigozhin diduga meninggal dalam kecelakaan pesawat Embarer yang jatuh di wilayah Tver, Moskow pada Rabu, 23 Agustus 2023.

Nama Prigozhin dan petinggi Wagner Group lainnya, yaitu Dmitry Utkin, tercatat dalam manifes penumpang pesawat tersebut.

Kutuk Serangan Iran ke Tel Aviv, Presiden AS Joe Biden Ancam Akan Lakukan Ini

Setelah insiden ini, banyak spekulasi beredar. Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dan Dinas Intelijen Rahasia Kerajaan Inggris (M16) yakin bahwa kematian Prigozhin dan loyalisnya sudah direncanakan oleh Vladimir Putin.

Presiden Rusia dituduh ingin menghabisi jaringan tentara bayaran Wagner Group, pasca pemberontakan gagal yang dilakukan Prigozhin dan pasukannya pada Juni 2023 lalu. 

Tutorial Log In Yandex, Bisa Langsung Nonton Ratusan Film Secara Gratis

Anggota M16 Inggris, Christopher Steele, sangat mencurigai jika kecelakaan pesawat yang ditumpangi Prigozhin adalah hasil sabotase intelijen Rusia. 

Pandangan Steele dalam hal ini adalah Layanan Keamanan Federal (FSB) dan Direktotrat Intelijen Utama Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (GRU).

Halaman Selanjutnya
img_title