Kutuk Serangan Iran ke Tel Aviv, Presiden AS Joe Biden Ancam Akan Lakukan Ini

Presiden AS Joe Biden
Sumber :
  • AP Photo/Andrew Hanik

VIVA Bandung - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengutuk keras serangan rudal Iran ke dua kota besar Israel, Tel Aviv dan Yerusalem pada Sabtu, 13 April 2024.

Prabowo-Gibran Resmi Terpilih Sebagai Presiden 2024, Habib Bahar: Harus Terima

Diketahui, Iran bersama dengan proksinya di Yaman, Suriah dan Irak telah meluncurkan serangan udara hebat pertama kalinya ke wilayah Israel.

"Saya mengutuk serangan ini dalam istilah sekuat mungkin," kata Biden dalam keterangan persnya dikutip Associated Press, Minggu, 14 April 2024.

Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo, Namun Tetap Anggap Sebagai "Pengkhianat"

Saat ketegangan antara Israel dan Hamas memuncak pada enam bulan silam, Biden berjanji akan terus memberikan dukungan penuh terhadap Israel.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, AS dan Israel sebetulnya telah mengantisipasi serangan balasan Iran sejak beberapa hari setelah Netanyahu melakukan serangan ke konsulat Iran di Suriah pada awal April 2024 silam.

Jurnalis Amerika Serikat Puji Gol Indah Witan Sulaeman ke Gawang Yordania

"Atas arahan saya, untuk mendukung pertahanan Israel, militer AS memindahkan pesawat dan perusak pertahanan rudal ke wilayah tersebut selama seminggu terakhir," ujar Biden.

"Berkat penyebaran ini dan keterampilan luar biasa dari anggota layanan kami, kami membantu Israel menurunkan hampir semua drone dan rudal yang masuk," imbuhnya memuji pasukan AS yang membantu Israel menjatuhkan hampir semua drone dan rudal yang ditembakkan oleh Iran.

Halaman Selanjutnya
img_title