Tak Hanya Sianida, Wamenkumham Sebut Kadar Ini Juga Ada di Tubuh Mirna

Wamenkumham, Edward Omar Syarif alias Prof Eddy
Sumber :
  • YouTube Curhat Bang Denny Sumargo

VIVA Bandung – Kasus lama kopi sianida Jessica Wongso yang menyebabkan kematian Wayan Mirna Salihin kembali ramai diperbincangkan publik. Tidak sedikit sejumlah tokoh mengomentari terkait kasus tersebut.

Ayah Mirna Disebut Sembunyikan Rekaman CCTV, Otto Hasibuan : Bukti Jadi Tak Lengkap

Tak terkecuali, Edward Omar Syarif alias Prof Eddy selaku Wamenkumham menilai, ada upaya penggiringan opini publik dengan hanya menitikberatkan pada kadar sianidanya saja. Padahal, kata dia, ada juga kadar natrium sebesar 950 mg/L.

"Itulah ada upaya penggiringan opini publik seakan-akan ion 0,2 sianida itu tidak mematikan. Padahal kan harus dilihat keseluruhan, natrium sianida," kata Prof Eddy dikutip dari YouTube Denny Sumargo, Rabu (11/10/2023).

Otto Hasibuan Sebut Ayah Mirna Sembunyikan Rekaman CCTV Berakibat Fatal

Lebih lanjut, Prof Eddy menjelaskan, Jaksa Penuntut Umum Shandy Handika juga menyebut bahwa ada korosif di rongga mulut, kerongkongan, dan lambung Mirna. Itu berdasarkan hasil keterangan Dokter Slamet Purnomo.

"Kalau enggak minum racun kenapa mulut dan kerongkongan korosif? Itu kan pasti lewat situ karena minum Vietnam ice coffee. Lalu Dokter Budi Sampurna di persidangan mengatakan dia saking banyaknya racun yang diminum, belum sampai bawah sudah asfiksia, langsung kehabisan napas, kan di videonya 2 menit setelah minum langsung kolaps," jelasnya.

Edi Darmawan Salihin Pamer Rekaman CCTV, Otto Hasibuan : Bisa Jadi Pelanggaran Hukum

Wayan Mirna Salihin

Photo :
  • Viva.co.id

Selain itu, Prof Eddy mengatakan bahwa dokter mengambil sampel lambung, empedu, hati, urine, kemudian diuji di laboratorium forensik. Hasil uji yang dibaca oleh Prof Budi Sampurna, ditemukan ada natrium sianida atau NaCN.

Halaman Selanjutnya
img_title