Hati-Hati, Stres Seperti Ini Bisa Sebabkan Penyakit Jantung

Ilustrasi Melatih Kesabaran Agar Tak Mudah Stress
Sumber :
  • VIVA Group

Bandung – Stres adalah sebuah bentuk respons otomatis seorang manusia ketika menghadapi situasi yang stagnan, sulit atau memberatkan. Jika merasakan stres dalam waktu singkat, biasanya bermanfaat karena bisa mendorong memotivasi kita untuk segera menyelesaikan tugas yang sangat sulit. Namun, jika kita merasakan stres yang terus menerus maka akan menimbulkan efek tidak sehat pada kesehatan fisik dan psikologis kita. 

Dapat Kiriman Makanan Pro Israel, Zara Anak Ridwan Kamil Bangga

Respons stres memiliki komponen emosional atau afektif yang menimbulkan banyak sekali emosi negatif, seperti kekhawatiran, ketakutan, frustasi, kesedihan, dan banyak lagi.

Trideep Choudhury, Konsultan Psikiater, Departemen Kesehatan Mental dan Ilmu Perilaku, Fortis New Delhi, India, mengatakan, salah satu organ vital tubuh kita yang terkena dampak stres berkepanjangan adalah jantung kita. 

Zara Anak Ridwan Kamil Pamer Makanan Pro Israel, Bikin Netizen Jantungan

"Ketika stres, tubuh kita melepaskan hormon stres yang disebut katekolamin. Hormon stres ini meningkatkan kebutuhan oksigen tubuh kita, sehingga memungkinkan tubuh kita merespons stresor secara proaktif. Kebutuhan peningkatan oksigen yang berkepanjangan berarti jantung bekerja terlalu keras untuk jangka waktu yang lama," ujarnya dilansir Times of India, Minggu 1 Oktober 2023. 

Ilustrasi pusing dan badan lemas

Photo :
  • U-Report
Pamer Makanan Pro Israel, Anak Ridwan Kamil Kena Ulti Netizen

Dampak stres berkepanjangan

Terjadi peningkatan denyut jantung dan tekanan darah berkepanjangan, dapat menyebabkan perubahan permanen pada ukuran jantung, irama jantung yang tidak normal, kejang arteri koroner yang menyebabkan berkurangnya suplai darah ke otot jantung yang menyebabkan iskemia miokrad yang bermanifestasi sebagai nyeri dada, ketidaknyamanan epigastrium. 

Halaman Selanjutnya
img_title