Strategi Pemprov Jabar Perluas Pasar Ekonomi Kreatif

Menparekraf, Sandiaga Uno berkunjung ke Garut
Sumber :
  • Dok. Kemenparekraf RI

BANDUNG – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar diwakili Kepala Bidang Industri Pariwisata Rispiaga mendampingi kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno ke Kabupaten Garut, Sabtu 18 Juni 2022. Kunjungan kerja tersebut ditujukan untuk meninjau geliat UMKM serta audiensi dengan sejumlah pelaku ekonomi kreatif.

Pembekalan Penguatan Ekosistem Kabupaten/Kota Kreatif di Jabar

Menparekraf menilai Jawa Barat memiliki potensi besar dalam sektor ekonomi kreatif. Maka dari itu perlu strategi yang tepat agar bisa memperluas jangkauan pasar ekraf baik secara nasional maupun internasional.

Menanggapi hal tersebut, Kabid Industri Pariwisata Disparbud Jabar mengatakan bahwa saat ini Pemprov sudah menyusun sejumlah strategi dalam pengembangan penjualan produk-produk ekraf. Hal itu disampaikan dalam kegiatan pelatihan parekraf di Rumah Mak Ayu Samiraos, Desa Sindangprabu, Kecamatan Wanaraja.

Disparbud Jabar Gelar Lomba Cerdas Cermat Permuseuman Dan Kebudayaan

"Memang salah satu tantangan terbesar di Jabar adalah membuka akses pasar yang lebih luas dan ini masuk ke program yang akan dijalankan. Di antaranya memitrakan para pelaku UMKM dengan industri besar maupun jaringan distribusi besar," ucapnya di hadapan Menparekraf.

"Pelaku ekraf Jawa Barat harus ambil bagian dalam kesempatan ini. Selain itu arahan pusat untuk Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) bagi pemerintah atau BUMN, karena itu menjadi peluang ekraf yang harus segera diambil," tambahnya.

Dharma Wanita Persatuan Disparbud Jabar Sukses Gelar Bazar UMKM

Di hari yang sama Disparbud Jabar juga mendampingi Menparekraf dalam kegiatan Kabupaten/Kota Kreatif (Kata Kreatif) di Art Center Garut. Bahkan sebelumnya rombongan juga meninjau geliat ekraf di Kabupaten Tasikmalaya. Di sana Menparekraf berpesan kepada para pelaku ekraf Tasikmalaya agar bisa memasarkan produknya secara lebih luas. Salah satunya melalui kegiatan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022.

"Apresiasi Kreasi Indonesia merupakan salah satu program unggulan Kemenparekraf yang menyasar 16 kabupaten/kota di Indonesia. Selain untuk mendorong daya beli masyarakat, kehadiran AKI juga untuk mendukung kampanye pemerintah #BanggaBuatanIndonesia," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title