Besok KPU Umumkan Nomor Urut Capres-Cawapres, Begini Mekanismenya

Ketua KPU RI Hasyim Asyari
Sumber :
  • VIVA Grup

VIVA Bandung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan nomor urut kandidat Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Selasa, 14 November 2023. Sebelum dilakukan pengundian, terlebih dahulu para kandidat diundang untuk makan malam bersama.

Peneliti BRIN Sebut Oposisi akan Lemah di Pemerintahan Prabowo-Gibran, Tinggal PKS dan PDIP

"Kegiatan pengundian dan penetapan nomor urut pasangan capres cawapres akan dilaksanakan pada hari Selasa, 14 November 2023, rencananya mulai 18.30. Jadi, mulai dengan gala dinner, makan malam, dengan capres cawapres, dan pimpinan parpol yang mengusulkan [dan] mendaftarkan masing-masing pasangan calon. Kami memberikan undangan bagi masing-masing pasangan calon," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari di kantor KPU, Jakarta, Senin, 13 November 2023.

Ketua KPU RI Hasyim Asyari

Photo :
  • VIVA Grup
Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar Senang PDIP Nyungsep di 2024

Hasyim menjelaskan, undangan tersebut tertuju pada ketua partai politik pengusung, sekretaris jenderal parpol, serta masing-masing elite parpol. Namun, undangan untuk masing-masing pasangan dibatasi hanya 150 orang saja.

"Rangkaiannya setelah makan malam dilakukan pleno terbuka pengambilan nomor urut, pengundian nomor urut penetapan nomor urut masing-masing paslon, setelah itu kami berikan kesempatan bagi masing masing paslon sekitar sepuluh menit untuk menyampaikan kata sambutan," ujarnya.

Pasca Putusan MK, Gibran Ucapkan Terimkasih ke Anies dan Ganjar Soal Ini

Sebagai informasi, KPU pada Senin, 13 November 2023, telah menetapkan 3 pasangan kandidat yang akan berlaga di Pemilu 2024. Diantaranya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Penetapan itu diambil setelah KPU mempertimbangkan dokumen kelengkapan dan tes hasil kesehatan ketiga pasangan.

Logo partai peserta pemilu 2024

Photo :
  • viva.co.id
Halaman Selanjutnya
img_title