5 Pemimpin Hamas yang Bikin Zionis Ketar-ketir, Ada Ulama Besar Hingga Perakit Bom

Sheikh Yassin, Pendiri Hamas
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Bandung - Harakatul al-Muqawamah al-Islamiyah alias Hamas, adalah sekelompok militan Palestina yang kini tengah menjadi sorotan dunia. Hamas hingga detik ini, merupakan musuh yang paling ditakuti oleh Israel. Berbagai cara sudah dilakukan oleh negara Yahudi tersebut dan sekutu-sekutu baratnya untuk menghancurkan Hamas, namun hingga kini, kelompok perjuangan Palestina ini masih tetap eksis memperjuangkan hak-haknya.

Jurnalis Amerika Serikat Puji Gol Indah Witan Sulaeman ke Gawang Yordania

Walaupun sudah dilabeli teroris oleh negara-negara pro Israel, namun hal itu tidak menggetarkan perjuangan mereka untuk membebaskan tanah Palestina dari jajahan Israel. Melansir dari BBC, setidaknya ada lima pemimpin Hamas yang hingga kini ditakuti oleh Israel dan sekutu-sekutunya, berikut rangkumannya. 

1. Sheikh Ahmed Yassin

Perang di Timur Tengah Memanas, Rusia Kirim Jet Tempur Canggih Bantu Iran Hadapi Balas Dendam Israel

Sheikh Yassin, Pendiri Hamas

Photo :
  • Viva.co.id

Ahmed Ismail Yasssin atau sapaan akrabnya Sheikh Ahmed Yassin adalah seorang Ulama besar Palestina. Dilahirkan pada tanggal 1 Januari 1938, di Desa al-Jaurah dekat jalur Gaza. Dirinya merupakan pendiri Hamas. Memiliki suara yang agak serak, namun dirinya bisa mengubah batu menjadi senjata AK-47 yang bisa menembus kendaraan lapis baja Israel.

Heboh! Buku Karya Sarjana Isarel Ini Diduga Jadi Penyebab Zara Lepas Hijab

Berkat jasa-jasanya yang ingin memerdekakan rakyat Palestina, dirinya menjadi target utama pembunuhan oleh pemerintah Israel. Pada tahun 2004, dirinya terbunuh oleh tiga roket Israel usai menjalankan shalat subuh di masjid setempat. 

2. Abdul Aziz al-Rantisi 

Halaman Selanjutnya
img_title