Profil Menpan RB Tjahjo Kumolo, Berikut Kiprahnya di Politik

Menpan RB, Tjahjo Kumolo
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

BANDUNG – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo dikabarkan meninggal dunia pada Jumat, 1 Juli 2022, karena sakit.

Mobil Rombongan Ibu Nyai Ponpes Sidogori Tertabrak Kereta Api di Pasuruan, 4 Meninggal Dunia

Diketahui, nama Tjahjo mulai dikenal masyarakat di dunia politik saat ia menjabat sebagai anggota DPR dari Golkar pada pemilu 1987 silam. Karier politiknya mencapai puncak pada saat menjadi Menteri Dalam Negeri dan kini menjabat sebagai Menteri PAN RB.

Tjahjo merupakan Pria kelahiran Solo, 1 Desember 1957. Dia anak dari pasangan Bambang Soebandiono dan Toeti Slemoon. Bapaknya adalah veteran perjuangan kemerdekaan.

Sempat Bawa Timnas Argentina Juara Piala Dunia, Pelatih Cesar Luis Kini Telah Tiada

Hidup Tjahjo Kumolo banyak di Semarang, Jawa Tengah. Dari SD hingga kuliah di Kota Semarang. Tjahjo terpilih sebagai Anggota DPR pada usia relatif muda, dan dia juga aktif di berbagai organisasi, seperti Pemuda Panca Marga (PPM) dan di Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Pada Orde Baru, Tjahjo menjadi anggota DPR dari Golkar, pada usia 30 tahun. Pada Pemilu 1992, dia terpilih kembali sebagai anggota DPR RI dari Partai Golkar.

Buya Yahya Komentari Soal Kematian Stevie Agnecya yang Diduga Kena Santet

Perubahan angin politik nasional, peralihan Orde Baru ke Era Reformasi, pada tahun 1998, membuat Tjahjo pindah ke PDI Perjuangan. Digelarnya kembali Pemilu 1999, Tjahjo bertarung menjadi anggota dewan dari PDI Perjuangan.

Hasilnya tetap mengantarkan Tjahjo ke Senayan. Sejak itu dengan bendera PDIP dia berturut-turut menjadi anggota DPR dari PDIP hingga pemilu 2014.

Halaman Selanjutnya
img_title